Pertama di Dunia, 54 Unit Honda ADV150 Dijajal di Bali, Simak Videonya

0
54
54 unit Honda ADV150 dijajal
Sebanyak 54 unit Honda ADV150 dijajal menaklukan jalanan di Pulau Dewata dalam World Premiere Riding Experience Honda ADV150. Foto: AHM

NaikMotor – Melalui acara World Premiere Riding Experience Honda ADV150, PT Astra Honda Motor (AHM) melibatkan jurnalis, blogger dan vlogger untuk mengujinya di Bali (9/8/2019). Sebanyak 54 unit Honda ADV150 dijajal menaklukan jalanan di Pulau Dewata sejauh 190 Km.

Acara riding akbar tersebut juga diikuti oleh jajaran direksi AHM, main dealer Astra Motor Bali serta anggota komunitas. Ada 54 unit Honda ADV150 dijajal yang diberangkatkan dari kawasan Sunset Road melewati jalanan Bali pagi hari yang padat melewati Jl. Raya Mengwi – Jl.Gunung Agung Tabanan – Pasar Penebel untuk kemudian menuju daerah elok Jatiluwih, Tababan sebagai etape pertama. Jalanan yang ditempuh berupa kelokan menanjak dan  turunan  di perbukitan dan berakhir di sebuah café dengan panorama sawah khas Bali,Subak ditemani pisang goring dan kacang rebus.

Etape selanjutnya menuju Kintamani dengan variasi jalanan lebih banyak dan ekstrem mulai tanjakan terjal hingga turunan curam serta belokan tajam dan sempit melewati Jembatan Tukad Bangkung. Honda ADV150 menunjukan kelasnya sebagai skutik kokoh dan lincah diajak menari-nari melewati tanjakan serta variasi tikungan. Reaksi mesinnya terasa ketika speedometer digital menunjukan angka 60 Km/jam untuk cepat merespons putaran gas meski tidak terlalu agresif. Mesin Honda ADV150 membukukan torsi 13,8 Nm pada 6.500 RPM sedangkan mesin sebagai pembanding basis mesinnya yakni PCX sebesar 13,2 Nm pada putaran mesin yang sama. Atau terdapat selisih 0,6 Nm lebih tinggi pada PCX150.

Bantingan suspensi depan terasa sangat terasa saat melewati jalanan bergelombang serta membantu handling lebih mudah masuk tikungan. Namun, redaman suspensi belakang tetap mencirikan skutik sport yang masih kurang lembut saat roda menginjak lubang atau permukaan jalan tak rata. Entah kalau dikasih beban seperti penumpang, tapi yang pasti di tanjakan akan bikin tersengal-sengal.

Suhu udara yang sejuk cenderung dingin membuat kami terasa enjoy menikmati setiap gerakannya dan lebih percaya diri karena didukung perangkat rem ABS. Sesekali kami membuka gas penuh ketika menemui jalanan lurus hingga bisa membukukan angka 100 Km/jam di antara Jatiwulih menuju melewati Pura Batur Kintamani sepanjang 108 Km dengan jalanan yang tak terlalu lebar.

Sampai di Kintamani, kami menyantap makan siang sambil melihat view panorama danau dan Gunung Batur dari teras restoran Sari View Mountain sebelum melaksanakan Sholat Jumat. Sayang, tidak ada agenda ke kawasan Gunung Batur salah satu kawasan yang menonjolkan kesan adventure di Bali. Perjalanan kami menuruni dan mendaki jalanan lebih mulus melalui Bangli sampai bertemu jalan By Pass Ngurah Rai. Kami mencoba memutar gas lebih dalam sampai ketemu angka 115 Km/jam sebelum tertahan Patwal di depan atau kendaraan lain yang mulai padat. Sampai akhirnya tiba di Mall Bali Galleria sebagai lokasi finis dan tempat launching regional Honda ADV150. Kami mengintip jarak tempuh di panel digital 190,8 Km serta rata-rata konsumsi bahan bakar 43,6 Km/liter. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*