Modifikasi Vespa Terbalik Kreasi Pria Asal Medan

0
1404
Modifikasi Vespa terbalik
Modifikasi unit Vespa terbalik milik pria asal Kota Medan. Foto : Arib Tsany

NaikMotor – Modifikasi Vespa terbalik ini terbilang unik, pasalnya pria asal kota Medan itu mengubah posisi kemudi ke bagian belakang, sehingga  Vespa Excel 150 lansiran 1996 ini menjadi terbalik saat dikendarai.

“Teringat pada waktu saat kongkow bersama dan suka membayangkan bagaimana cara untuk membuat vespa bisa berjalan mundur. Dari situlah berawal untuk memodifikasi Vespa terbalik,” buka Adi Risky Rangkuti.

Modifikasi Vespa terbalik
Mesin dipindahkan ke bagian bodi depan. Foto: Arib Tsany

Gubahan utama terlihat pada bagian depan, mesin yang dapat terlihat dengan kasat mata disematkan pada bodi depan  dan menghadap ke belakang. Kedua sayap dimodifikasi sebagai tempat bahan bakar berkapasitas 1,5 liter dan diklaim bisa menempuh jarak hingga 20 km. Lalu forks dipindahkan ke bagian belakang untuk menggantikan stang kemudi agar terlihat terbalik.

Jok yang seharusnya untuk tempat duduk pengemudi diubah sedikit pada bagian bawahnya untuk menempatkan kemudi. Jok tersebut diberi ruang agar pengendalian kemudi bisa leluasa. Sementara dek bawah dialihkan fungsinya menjadi tempat duduk pengemudi.

Tuas rem bagian atas untuk pengereman belakang, sedangkan dibagian bawah untuk pengereman depan.

Yang menarik adalah pada bagian handle rem depan dan belakang yang digabungkan pada stang kanan.  Kedua handle rem yang berada di dekat handgrip gas dibuat lebih fleksibel saat melakukan pengereman depan belakang.

“Bisa dibilang sama seperti vespa sebelumnya. Dan untuk pemasangan kemudi depan sebenarnya hanya merubah kedudukan dan funsinya saja.” Jelas Adi.

Modifikasi Vespa terbalik
Kemudi berada di bawah Jok. Foto: Arib Tsany

Sementara untuk lampu rem belakang dijadikan lampu depan tanpa merubah mika lampu, namun fungsinya berubah menjadi lampu depan. Demikian juga untuk lampu depan yang diubah fungsinya menjadi lampu dalam kota.

Untuk merealisasikan kreasinya ini, Adi hanya membutuhkan waktu dalam 2 hari saja dan merogohkan kocek sekitar Rp 3 Juta.

Setelah puas dengan hasilnya modifikasi uniknya, ia pun langsung  melakukan perjalanan dari kota Medan ke Jakarta menggunakan Vespa terbaliknya hanya untuk menemui salah satu band blues rock yaitu Slank.

“Sebenarnya ganyaka juga bisa sampai ke Jakarta. Kebetulan memang saya ngefans sama Slank dan impian pertama saya ingin membawa Vespa ini ke markas Slank di gang Potlot dan alhamdulillah impian saya tercapai.” tutup Adi. (Tsany/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*