Begini Agar Yamaha MX King Koplingnya Ringan dan Tidak Ngunci Saat Downshifting

0
1174
Yamaha MX King Koplingnya Ringan
Kit Assist & Slipper Clutch Yamaha R15 VVA bisa buat MX King. Foto: Teguh

NaikMotor – Yamaha R15 VVA sudah dilengkapi assist dan slipper clutch. Ternyata kitnya bisa dterapkan agar Yamaha MX King koplingnya ringan dan tidak ngunci saat downshifting

Seperti diketahui slipper clutch membantu saat terjadi downshifting, agar engine brake yang berlangsung hentakannya lebih halus kalau dibandingkan tanpa slipper clutch. Celakanya downshifting secara mendadak pada motor konvesional bisa menyebabkan ban belakang mengunci.

“Agar Yamaha MX King koplingnya ringan dan tidak ngunci saat downshifting kita bisa manfaatkan slipper clutch kit Yamaha R15 VVA,” saran Yahya dari bengkel YR Garage di bilangan Bekasi. Yahya menyebut perangkat bisa ditebus Rp700 ribuan.

Proses pergantian perangkat kopling MX King dengan slipper clutch kit Yamaha R15 VVA tidak perlu ubahan. Sebab, perangkatnya sudah plug and play alias PNP.

“Pertama siapkan perangkat slipper clutch kit Yamaha R15 VVA-nya yang terdiri dari, kampas kopling, per kopling, plat kopling, per kopling, rumah dudukan plat dan rumah kampas kopling R15 VVA, untuk stut koplingnya masih bisa menggunakan yang lama bawaan MX king,” buka Yahya.

Lalu lanjutkan dengan mengosongkan oli mesin, copot bagian knalpot, footstep dan kick starter, lalu mulailah bongkar bak kopling nya, dan sekalian copot komponen bagian kopling MX King yang akan digantikan dengan kepunyaan R15 VVA. Karena sudah PNP maka kita tinggal pasang sesuai urutan kebalikan dari mulai membuka bagian kopling MX King tersebut.

Hasilnya, efek yang dirasakan setelah pemasangan ialah, “Engine brake masih tetap bekerja, hanya saja tidak terlalu menghentak seperti biasanya ketika menurunkan gigi secara tiba-tiba,” sambung pria yang berdomisili di Bekasi ini.

Efek lainnya, karena engine brake-nya jadi lebih halus, maka usia gear, rantai dan juga ban jadi lebih tahan lama, karena hentakan berkurang. Selain itu Assist & Slipper Clutch juga bisa meminimalisasi potensi roda mengunci akibat engine brake.

Bukan cuma itu, Assist & Slipper Clutch juga membuat kopling jadi lebih ringan. Hal tersebut karena sistem pada kopling yang berbeda dengan motor standar. Tentu meringankan kalau saat menghadapi kemacetan. “Karena kalau sudah Assist & Slipper Clutch itu pakai per koplingnya cuma tiga, makanya jadi lebih ringan,” pungkas Yahya. (Teguh/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*