Diikuti Jawara Region Motorprix 2018, Begini Regulasi Balap Oneprix 2019

0
379
Regulasi Balap Oneprix 2019
Medya Saputra, wakil ketua umum PP IMI enjelaskan soal regulasi Oneprix 2019. Foto: Didit Luvo

NaikMotor – Kejuaraan Nasional Balap Motor bertajuk Oneprix besutan tvOne dan Oneprix Motorsport Management serta IMI resmi dirilis. Bagaimana regulasi balap Oneprix 2019?

Balap motor lokal kembali mendapat pengakuan dari tvOne sebagai televisi berita dan olahraga nomor satu di Indonesia. Untuk itulah, sebagai televisi yang telah berpengalaman menyiarkan balap motor lokal tentu saja mereka akan mengemas dengan tayangan menarik dipadukan dengan regulasi balap Oneprix 2019.

Oneprix Indonesia Motorprix Championship 2019 diperkirakan akan diikuti oleh 264 pembalap dengan masing-masing maksimal 24 starter setiap kelasnya. Soal regulasi balap Oneprix 2019, Medya Saputra, wakil ketua umum PP IMI bidang olahraga sepeda motor menyatakan, bahwa pendaftaran tim atau pembalapnya harus via online www.oneprix.id . “ Yang berhak ikut Oneprix adalah para juara region Motorprix peringkat 1-3 tahun 2018 dan kita tetapkan setiap kelasnya hanya 24 starter. Kalaupun tidak memenuhi kuota,pembalap umum boleh mendaftar tapi melalui proses seleksi.  Tidak ada wildcard ya,” tukas Medya.

Medya menambahkan sistem ini akan menjadi semacam kontrak untuk ikut full series Oneprix 2019 bagi semua pembalap.”Kecuali ada pembalap di tengah musim cedera dan ada penggantian, poinnya tetap dihitung sebagai team konstruktor,” tambahnya lagi. Hadiah yang akan diberikan di kelas utama Oneprix 2019  yakni Rp 10 juta.

Disinggung soal aturan ban yang akan digunakan, Medya menjelaskan bahwa regulasinya mengikuti Kejurnas Balap Motor Motorprix. Dalam artian, ban Pirelli akan tetap digunakan oleh semua pembalap nantinya. Meski demikian, nama Pirelli belum disebut sebagai salah satu sponsor di Oneprix 2019, kenapa? Karena ada aturan berbeda soal sponsor terkait tayangan di televisi tentunya.

Ketika ditanyakan soal subsidi pembalap, Medya menyatakan sejauh ini pihaknya akan melihat dari pendaftar yang masuk.”Semuanya akan kita rekap dulu baru nanti akan kita bicarakan untuk hal ini,” tambah Medya.

Ada empat kelas yang dipertandingkan di Kejurnas Balap Motor, yaitu bebek 150 cc Tune Up (Expert), Bebek 150 cc Tune Up (Novice), Bebek 150 cc Standard (Rookie) dan Sport 150 cc (Open Qualification). Lalu ada kejuaraam kelas pendukung atau komunitas, seperti RX King 140cc Super Class-Super Pro, Bebek Underbone 125cc Engine Mix (Open), dan Matic 150cc Tune Up (Open). (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*