Motor Ngempos Tak Bertenaga Bisa Karena Kebocoran Kompresi Mesin

0
90
Kebocoran kompresi
3 Penyebab tanda adanya kebocoran pada bagian kompresi dari Suzuki, Foto : Istimewa

NaikMotor – Motor tak bertenaga, digas malah ngempos bisa jadi kompresi bocor. Inilah tiga penyebab tanda kebocoran kompresi sepeda motor kesayangan Anda 

Jika tarikan sepeda motor jadi terasa ngempos atau tidak bertenaga sekali saat digas. Bisa jadi karena kebocoran kompresi. Berberhati-hatiah karena jika dibiarkan malah merusak komponen mesin lainnya.

Sebenarnya ada banyak hal yang menyebabkan kompresi motor bocor. Salah satunya karena motor yang sudah terlalu tua. 

Berikut adalah beberapa penyebab utama kompresi bocor pada mesin:

  1. Settingan klep yang tidak rapat. Boleh jadi karena pernah memilih karena Anda memilih bengkel yang kurang profesional dan hanya mengandalkan perasaan untuk mengukur kerapatan klep. Namun ada solusinya yaitu atur klep ulang sesuai dengan ukuran standarnya.
  2. Ring piston sudah aus. Kalau ini harus segera diganti. Bisa juga disebabkan karena silinder yang bermasalah, bisa bore up yang tidak sempurna. Solusinya ganti komponen dengan yang baru.
  3. Packing atau karet seal sudah mulai getas. Solusinya ganti dengan packing atau karet seal klep yang baru yang berkualitas.

Sebaiknya jika mengalami kebocoran kompresi sebaiknya selalu kunjungi bengkel resmi, agar ditangani para profesional. (Tsany/Prob/NM)

 


LEAVE A REPLY

*