Tips Berkendara Aman Saat Hujan dari Suzuki

0
Tips Berkendara Aman Saat Hujan
Jaga jarak berkendara aman saat hujan. Foto: rise.de

NaikMotor – Saat ini musim hujan masih terjadi di Indonesia, dan masih sporadis. Ini tips berkendara aman saat hujan dari Suzuki.

Hujan tidak hanya mengganggu aktivitas warga tapi juga berisiko menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Tentunya termasuk para pengendara sepeda motor. Berikut tips berkendara aman saat hujan.

1. Pastikan menjaga jarak aman minimal 1 meter dari pengendara di depan. Karena dalam kondisi jalanan yang licin daya cengkraman ban dengan aspal jadi berkurang.
2. Pastikan kamu selalu menyalakan lampu depan. Hal ini selain menambah jarak pandang, lampu depan bisa membantu pengendara lain bisa melihat posisi kita.
3. Sebelum menyalip kendaraan yang ada di depan, pastikan dulu kondisinya aman dan kosong dari arah berlawanan, selain itu bunyikan klakson dulu untuk memberi peringatan kepada pengendara di depan agar mereka bisa memberi jalan.
4. Pastikan anda berbelok dengan normal, dan hindari posisi berbelok yang terlalu miring. Jika dilakukan dengan kecepatan tinggi, bisa membuat anda kehilangan keseimbangan akibat daya cengkram ban yang kurang.
5. Kurangi kecepatan saat melewati jalan yang becek, berkerikil dan berpasir, atur kecepatan di sekitar 30-40 Km/jam.
6. Hati hati dengan genangan yang bisa menutup lubang jalan jalanan, atau jalanan yang cekung. Banyak kasus kecelakaan terjadi akibat dari pengendara yang memaksa genangan air dan jalanan yang cekung.
7.Sebaiknya hindari penggunaan helm dengan kaca visor terlalu gelap yang bisa membuat jarak pandang anda terbatas. (Tsany/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here