Waduh, Sirkuit Austin Baru Diaspal Michelin Tidak Punya Ban Baru

0
361
Michelin tak ada ban untuk Austin
Michelin belum punya data sirkuit COTA setelah trek itu mengalami pengaspalan ulang tahun lalu. Foto: IndyCar.com

NaikMotor – Produsen pemasok ban MotoGP asal Perancis mengatakan belum punya data sirkuit COTA setelah trek itu mengalami pengaspalan ulang tahun lalu. Sehingga ada pengakuan, Michelin tak ada ban untuk Austin yang telah disesuaikan.

Untuk gelaran MotoGP 2019 Austin, Michelin pun tantangan baru, “Austin adalah sirkuit yang sangat menuntut bagi semua yang terlibat dan kami kembali ke sana dengan sedikit ketidakyakinan,” kata manajer balap Michelin, Piero Taramasso kepada GPOne, Kamis (11/4/2019)

Sirkuit COTA memiliki panjang 5,5 km. Pengaspalan ulang dilakukan setelah pembalap di kelas utama MotoGP mengeluhkan permukaan aspal yang dinilai tidak rata sehingga trek menjadi bumpy (bergelombang).

Michelin
Foto: David Yowe

Pengelola sirkuit melakukan pengaspalan ulang dengan tujuan menghilangkan bumpy. Namun jadi sedikit terganggu lantaran Michelin tidak ada ban untuk Austin, karena produsen ban itu tidak punya data aspal baru, sehingga. Padahal data sangat penting untuk riset kompon dan sebagainya.

Michelin telah memasok ban depan simetris untuk semua kompon. Ban belakang bersifat asimetris dengan dibuat lebih keras pada sisi kanan. Alasannya jumlah tikungan ke kiri lebih banyak yakni 11 ke kiri dan 9 kanan.

“Trek baru saja diaspal ulang, jadi kami harus melihat bagaimana ban bekerja nantinya. Kami menyediakan kompon terbaik, yang menurut kami ideal. Namun, hingga FP 1 kami tidak tahu seperti apa kondisinya,” katanya.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*