Unik Nih, MV Agusta Pernah Buat Mini Bike Racing

0
112
MV Agusta Mini Bike Racing
Sejarah MV Agusta Mini Bike Racing, Foto : livingwithgraviti

NaikMotor – Pada pertengahan 1970 MV Agusta pernah membuat monkey bike juga. MV Agusta Mini Bike Racing itu dibuat sebagai edisi terbatas, hanya 300 unit saja.

Salah satunya pernah dipesan khusus untuk putra Phil Read pada tahun 1973 sebagai tanda untuk merayakan kemenangan Read di GP500 yang menunggangi MV Agusta.

Seperti yang terlihat dalam sebuah foto lama, Phil Read yang sedang menunggangi mini bike dengan bergaya seolah memohon agar tidak ditilang oleh polisi di Inggris.

Rancangan dan pembuatan MV Agusta mini bike racing dilakukan di pabrik Cascina Costa. Mini bike mengusung mesin 2 stroke berkapasitas 47,6cc dengan karburator Dellorto kecil, kecepatan tertingginya tercatat 40km/jam jika berat penunggang 30kg.

Mini bike seperti sportbike normal, dilengkapi fairing fiberglass, jok cowl, dan knalpot meninggi. Rangkanya tubular twin kembar, swingarm dengan shockabsorber ganda, serta garpu depan teleskopik. Remnya model drum di roda depan dan belakang. Sementara bannya dengan 3 pilihan ukuran: 8″, 10” dan 12”.

Diketahui MV Agusta hanya membuat sebanyak 300 unit saja. Sisa unit yang bertahan saat ini bisa ditawarkan dengan harga mulai Rp40 jutaan. (Tsany/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*