Ini Keunggulan Honda Super Cub C125 Indonesia Dibanding Jepang

0
377
Honda Super Cub C125
Di Jepang Honda Super Cub C125 cuma tersedia warna biru. Foto: Young Machine

NaikMotor – Sebelum hadir di Thailand dan Indonesia, Honda Super Cub C125 sudah meluncur di Jepang. Namun rupanya di Jepang, motor bebek berparas klasik itu cuma tersedia warna biru.

Padahal di Thailand dan Indonesia motor yang dijual Rp 55 juta itu juga tersedia pilihan warna merah dan hitam. Meski tampaknya baik di Thailand maupun di Indonesia warna biru tetap yang paling popular.

Sayangnya mengutip Young Machine, tidak disebutkan alasan kenapa Honda seolah memanjakan pasar ASEAN dibanding motherland Jepun. Ditengarai lantaran konsumen di Asia Tenggara yang lebih peduli fashion.

Honda Super Cub C125
Honda Super Cub C125 meluncur di GIIAS 2018. Foto: Arswendo

Honda Super Cub C125 meluncur di Indonesia di GIIAS 2018. Desain motor ini membawa warisan Super Cub 100 yang dipasarkan 1958. Seperti tampak pada stang yang rendah, jok single seat hingga fender membulat.

Urusan mesin pada dasarnya mengambil basis mesin Supra X 125, yakni mesin silinder tunggal 4-tak berpendinginan udara dengan dua katup serta ukuran bore 52,4 mm x stroke 57,9 mm, fuel injection.

Namun, perbedaan nyata adalah mesin C125 itu memiliki penampilan cover kopling dan crankcase yang lebih elegan. Tidak dilengkapi kickstarter, lubangnya kini ditempeli kaca untuk mengintip kondisi oli.

Sementara di bagian dalamnya, ada perbedaan utama pada primary gear dengan gigi model helical. Sedangkan pada mesin Supra X 125 masih dengan gigi lurus. Penggunaan helical gear diklaim akan membuat mesin lebih senyap.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*