Peduli SMK, Honda Raih Penghargaan Vokasi dari Kemendikbud

0
Honda
PT Astra Honda Motor (AHM) meraih penghargaan dari Kemendikbud. Foto: AHM

NaikMotor – PT Astra Honda Motor (AHM) meraih penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) atas kontribusi perusahaan dalam pengembangan dan peningkatan mutu SMK di Tanah Air.

Penghargaan diberikan oleh Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution disaksikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam acara Rembuk Pendidikan Kejuruan SMK 2018, Rabu (05/12/2018).

Dalam acara yang mengusung topik “Solusi Mengatasi Pengangguran Lulusan SMK” ini hadir juga para pemangku kepentingan pendidikan vokasi, baik dari Kemendikbud RI, guru dan praktisi pendidikan, dan jajaran pelaku industri.

Ahmad Muhibbuddin, GM Corporate Communication AHM mengatakan, penghargaan dari Kemendikbud akan menjadi pendorong AHM terus meningkatkan implementasi Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (KTBSM) Astra Honda.

Honda
PT Astra Honda Motor memperluas kontribusi ke Papua. Foto: AHM

“Apresiasi ini bukan hanya untuk kami tapi juga bagi seluruh guru dan anak didik SMK mitra binaan. Ini tantangan buat kami untuk terus meningkatkan mutu pembelajaran agar dapat melahirkan alumni SMK yang berkualitas,” katanya.

Program KTBSM Astra Honda dimulai  sejak 2010 setelah Kemendikbud membuka kompetensi keahlian baru di SMK bernama Teknik Sepeda Motor. Saat ini tercatat KTBSM sudah diimplementasikan di 682 SMK di seluruh Indonesia.

Kurikulum ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dan mengajarkan siswa dengan pengetahuan dan keterampilan teknik terkini sesuai perkembangan industri dengan standardisasi laboratorium praktik.

“Kami ingin lulusan SMK mitra binaan memiliki bekal keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan industri. Kami juga mengembangkan program Astra Honda Youthpreneurship untuk menfasilitasi yang ingin wirausaha di bidang bengkel,” pungkasnya.(Rls/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here