Nih 12 Keunggulan Yamaha FreeGo, Plus Spesifikasi Lengkap!

0
1260
Yamaha FreeGo

NaikMotor – Yamaha FreeGo meluncur di Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2018. Skutik gendut ini merupakan menjadi keluarga tertinggi di kelas skutik Yamaha tapi masih di bawah Maxi Scooter.

“Yamaha selalu menciptakan kategori baru dengan mendengarkan masukan dari konsumen. Untuk itu dengan bangga kami memperkenalkan FreeGo,” kata Minoru Morimoto, President Director Yamaha Indonesia.

Yamaha FreeGo

Lantas apa saja yang ditawarkan Yamaha FreeGo, skutik yang mengusung slogan The Amazing Matic.

1. Bagasi Besar

Bagasi masih jadi fitur penting buat konsumen Indonesia, dan sebagai skutik yang diklaim dibuat atas masukan konsumen, FreeGo punya kelebihan disektor penyimpanan.

Total bagasi FreeGo mencapai 25 liter, bahkan lebih besar dari NMax, membuat berkendara lebih praktis karena barang bawaan dapat disimpan ke dalam bagasi.

Para pengendara dapat menyimpan barang-barang bawaan seperti helm full face, tas, jaket, sepatu hingga bola basket ke dalam bagasi.

2. Isi BBM Tak Perlu Buka Jok

Yamaha menyebutnya Smart Front Refuel. Pengisian BBM sangat praktis karena lubang tangki berada di posisi depan sehingga pengendara tidak perlu membuka jok.

Tangki bensinnya berkapasitas 4.2 liter dengan posisi ada di dek kaki. Tangki dilindungi plat baja dan memiliki jarak terendah ke tanah 135 mm sama seperti NMAX.

3. Ban Gendut 12 Inci

FreeGo menggunakan velg 12 inci dan ban tubeless tapak lebar depan 100/90-12 dan belakang 110/90-12. Proporsi ban membuat bentuk motor jadi lebih berisi.

Skutik pertama di Indonesia yang pakai ban 12 inci adalah New Honda Scoopy. Meski ukuran peleknya sama tapi bentuk bodi sangat berbeda, FreeGo lebih sporty sedangkan Scoopy kearah retro.

4. Jok Panjang

Berkendara sendiri atau bersama pasangan tetap nyaman karena ukuran jok memiliki panjang 895 mm. Bentuk jok juga mengakomodir pembonceng karena busa di bagian belakang relatif rata dengan pengemudi

5. Lampu LED Plus Hazard

Yamaha FreeGo menggunakan LED Headlight yang lebih terang untuk berkendara. Pada kondisi darurat pengendara dapat memberikan tanda dengan menyalakan lampu hazard yang ada pada FreeGo.

6. Power Socket

Pengendara juga tidak perlu khawatir kehilangan koneksi saat perjalanan jauh karena bisa mengisi daya smartphone melalui electric power socket.

7. Keyless

FreeGo sudah menganut Smart Key System (SKS)  yang merupakan sistem kunci tanpa anak kunci. Fitur ini menjadikan berkendara semakin praktis dan aman karena Immobilizer dan Answer Back System.

8. Speedometer Digital
Tampilan Full Digital Speedometer yang lebih stylish, modern, dan informatif. Sepeedometer ini dilengkapi dengan ‘Multi Information Display’ (MID) yang berisi informasi seputar sepeda motor.

9. Rem ABS

FreeGo punya tiga tipe. Tipe standar, tipe S dan paling tinggi tipe S ABS. Penggunaan pengereman canggih Antilock Brake System (ABS) di skutik 125cc merupakan yang pertama di Indonesia.

10. Smart Motor Generator

Meski berbasis mesin 125cc tapi mesin FreeGo beda dengan punya Mio S ataupun Soul GT. FreeGo menggunakan mesin 125cc Blue Core konsep baru dengan sistem intake baru dan Smart Motor Generator (SMG) sehingga akselerasi dan starter menjadi halus.

11. Stop & Start System

Dilengkapi SSS seperti beberapa model skutik Yamaha yang lain. Fitur SSS ini diklaim membuat motor lebih irit karena mesin akan otomatis mati saat berhenti lebih dari 5 detik sehingga menghemat konsumsi bahan bakar.

12. Harga

FreeGo standard  Rp 18.500.000, FreeGo S Rp 19.700.000 dan FreeGo S ABS Rp 22.500.000. Semua harga On The Road (OTR) Jakarta.

Spesifikasi

SPESIFIKASI FreeGo Remarks
DIMENSI (Dimension)
P X L X T (Length x Width x Height) 1905 x 690 x 1100 mm
JARAK SUMBU RODA (Wheelbase) 1275 mm
JARAK TERENDAH KE TANAH (Ground clearance) 135 mm
TINGGI TEMPAT DUDUK (Seat height) 778 mm
BERAT ISI (Curb weight) 100 kg Untuk FreeGo tipe ABS beratnya 102 kg
KAPASITAS TANGKI BENSIN (Fuel tank capacity) 4,2 Liter
MESIN (Engine)
TIPE MESIN (Engine type) SOHC
SUSUNAN SILINDER (Cylinder arrangement) Silinder Tunggal
DIAMETER X LANGKAH (Bore x stroke) 52,4 x 57,9 mm
PERBANDINGAN KOMPRESI (Compression Ratio) 9.5:1
VOLUME SILINDER (Cylinder Volume) 124,96 cc
DAYA MAKSIMUM (Maximum power) 7,0 kW / 8000 rpm
TORSI MAKSIMUM (Maximum torque) 9,5 Nm / 5500 rpm
SISTEM STARTER (Starting system) Kick & Electric Untuk FreeGo tipe S & ABS hanya memiliki electric starter
SISTEM PELUMASAN (Lubrication system) Wet Sump
KAPASITAS OLI MESIN (Engine oil quantity) Total: 840 cm3
Berkala: 800cm3
SISTEM BAHAN BAKAR (Fuel system) Injeksi
TIPE KOPLING (Clutch type) Single Dry Clutch  
TIPE TRANSMISI (Transmission type) Full Automatic
RANGKA (Frame)
TIPE RANGKA (Frame type) Underbone
SUSPENSI DEPAN (Front suspension) Telescopic Fork
SUSPENSI BELAKANG (Rear suspension) Unit Swing
BAN DEPAN (Front wheel) 100/90-12 59J
BAN BELAKANG (Rear wheel) 110/90-12 64L
REM DEPAN (Front brake) Disc
REM BELAKANG (Rear brake) Drum
KELISTRIKAN (Electrical)
SISTEM PENGAPIAN (Ignition system) TCI/Transistor
TIPE BATTERY (Batttery type) YTZ4V Untuk FreeGo tipe S = YTZ6V, FreeGo tipe ABS = YTZ7V
TIPE BUSI (Spark plug type) CR6HSA

 

LEAVE A REPLY

*