Ducati V4 Kalahkan Rekor Yamaha R1 di Sirkuit Buddh, India

0
92
Ducati V4
Ducati V4 berhasil memecahkan rekor kecepatan di di Sirkuit Internasional Budha di India. Foto: Visordown

NaikMotor – Ducati V4 berhasil memecahkan rekor kecepatan di Sirkuit Internasional Buddh di India. Motor baru Borgo Panigale itu mencatat waktu 1 menit 56.316 detik mengitari sirkuit sepanjang 3,2 mil.

Catatan waktu tersebut menjadikan Ducati V4 sebagai motor produksi jalan raya tercepat yang di tes di Sirkuit Buddh. Catatan waktunya bahkan mengalahkan Yamaha R1 yang lama bertengger di posisi pertama.

Ducati V4 dipacu oleh test rider Ducati, Alessandro Valia yang juga berperan sebagai instruktur di Ducati. Selama pengetesan Valia hanya memakai ‘Race Mode’ dan ban slick supaya mendapat grip lebih baik.

Prestasi ini membuktikan potensi mentah dari Ducati V4 dan membuat pabrikan sumingrah menghadapi musim balap BSB 2019, dimana tahun depan motor akan dibawa oleh Scott Redding yang hijrah dari Aprilia.

Mesin Ducati V4 disebut sebagai V4 Desmosedici Stradale. Jantung ini berkapasitas 1.103cc berkonfigurasi 90° V4, meninggalkan tradisi L-Twin untuk menunjukkan supremasi barunya di dunia legal street dan racing sekaligus.

Mesin Desmosedici Stradale diklaim lebih bertenaga daripada L-Twin. Strukturnya mesin yang dipakai di MotoGP, seperti bore 81mm dan crank counter rotating yang dianggap mampu menjinakkan keliaran mesin Desmosedici itu.

Stroke V4 Desmosedici Stradale 53,5 mm, yang lebih panjang 5mm daripada mesin MotoGP-nya. Desain yang akan membuat torsi mesin lebih besar, sebagai kompromi untuk street legal dan racing.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*