Kustomfest 2018 Hadirkan Pesawat Kustom Pertama RI-X WEL

0
77
Kustomfest 2018
Kustomfest 2018 akan menampilkan pesawat RI-X WEL. Foto: Aviahistoria.com

NaikMotor – Selain menampilkan motor dan mobil kustom, Kustomfest 2018 akan menampilkan pesawat RI-X WEL. Pesawat ini sangat bersejarah karena merupakan pesawat ‘kustom’ pertama yang dibikin anak bangsa.

Mengutip Aviahistoria disebut pesawat kustom karena RI X WEL sebenarnya tergolong pesawat swayasa (home build). Pesawat ini merupakan proyek TNI AU saat itu untuk uji coba membuat pesawat secara mandiri.

Kustomfest 2018

Spesialnya pesawat ini tidak tampil polos, tapi juga kena sentuhan kustom. Kustom di sini bukan berarti modifikasi murni namun lebih kepada ‘penyegaran.’ Prosesnya dikerjakan oleh Lulut Wahyudi, Director Kustomfest.

“Setelah proses pendekatan yang cukup lama dan panjang dengan pihak Museum TNI AU Dirgantara Mandala, akhirnya turunlah ijin untuk “di touch up dan di restorasi” di Retro Classic Cycles (RCC),” buka Lulut.

“Beberapa bagian kita repair, seperti skin di wings dan fuselage, rib wings, tail wheels gears patah, dan kita painting ulang karena beberapa bagian sudah mulai termakan karat karena usia,” imbuhnya.

Saat ini bagian mesin sudah diperbaiki dengan menggunakan satu mesin motor Harley Davidson WL berkubikasi 750cc sehingga akan menjadi pesawat kustom pertama di Indonesia.

View this post on Instagram

(Ini Video cuplikan sewaktu saya mendismantle pesawat RI-X WEL, untuk menonton video lengkapnya, silahkan buka link di Bio IG saya) Dari awal kelahirannya @kustomfest 7 tahun lalu, dari tahun ke tahun saya selalu berpikir keras bagaimana Kustomfest bisa mengedukasi dan memberikan inspirasi positif anak-anak muda Indonesia… Ini yang membedakan Kustomfest… Tahun ini, Kustomfest 2018 – Color of Difference menghadir pesawat bersejarah TNI AU “RI-X WEL”, Ini pesawat pertama karya anak bangsa Indonesia, dan juga pesawat kustom pertama di Indonesia -Saya sebut pesawat kustom pertama karena mesinnya bukan mesin pesawat terbang layaknya, tapi pesawat ini bermesin motor Harley Davidson WL 45ci… Pesawat ini dibuat tahun 1948, bayangkan 70 tahun lalu, para pendahulu TNI AU sudah bisa “mengkustom sebuah pesawat” dan terbang. JADI, kalo kalian baru bisa mengkustom motor, jangan jumawa, jangan sombong, jangan arogan (dijalan)… Mari kita banyak banyak belajar pada “para kreator” pesawat RI-X, dengan segala keterbatasan (waktu itu) mereka bisa mendesain, membuilt, dan menerbangkannya…. 🙏🙏 Kita harus meneladani spirit mereka… 🙏🙏 Setelah proses pendekatan yang cukup lama dan panjang dengan pihak Museum TNI AU, dan akhirnya turun lah ijin resmi dari Pusat (Alhamdulillah & Terima Kasih TNI AU… 🙏🙏) dan kemarin Pesawat RI- X WEL sudah kita dismantle, untuk “di touch up dan di restorasi” di Retro Classic Cycles, bbrp bagian akan kita repair, seperti: Skin di wings dan fuselage, rib wings, tail wheels gears patah, dan kita painting ulang krn bbrp bagian sudah mulai termakan karat karena usia. Ini wujud nyata keperdulian Kustomfest terhadap warisan sejarah Indonesia. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Okey, Saksikan detail Pesawat Kustom RI-X WEL dengan mesin Harley Davidson, di “Kustomfest 2018 – Color of Difference” 6-7 Oktober 2018, indoor & outdoor JEC Hall, Yogyakarta. Maju terus dunia kustom Indonesia Mari Bicara dengan Karya. #kustomfest #kustomfest2018colorofdifference #mengedukasi #menginspirasi #musiumtniau #nasionalisme #kejutankustomfest **Nah sekarang kalian sdh tau khan, Kenapa poster Kustomfest tahun ini ada gambar pesawatnya… 😁🤟

A post shared by I'm "LT" (@lulut_retro) on

Pesawat ini tetap menggunakan rangka badan dari besi dan airfoil sayap dari kayu. Kulit pesawat 80% menggunakan kain blacu dengan bagian lainnya memakai materi aluminium terutama pada engine cowling.

“Mari kita banyak banyak belajar pada “para kreator” pesawat RI-X, dengan segala keterbatasan (waktu itu) mereka bisa mendesain, membuilt, dan menerbangkannya. Kita harus meneladani spirit mereka,” pungkas Lulut.(Rls/NM)

Kustomfest 2018

 

LEAVE A REPLY

*