Lebih Dekat dengan Papa Jahat, Modifikasi Honda C70 Bermesin Dahsyat

0
Honda C70 Bermesin Dahsyat
Papa Jahat, C600R karya FNG Works, lucky draw di Art Of Speed 2018 Malaysia. Foto: Arif

NaikMotor – Ada yang unik di gelaran Art Of Speed 2018 Malaysia (28-29/7/2018) lalu, salah satunya dengan lucky draw satu unit motor bebek retro berjantung gahar. Ya, karena motor bernama Papa Jahat ini mengandalkan basis Honda C70 bermesin dahsyat XR600R yang disebutnya sebagai Honda C600R.

Beruntung kami bisa menghadiri langsung gelaran tahunan Art Of Speed (AOS) Ol-Skool & Kustom Kulture Malaysia bersama Tigrehood. Kebetulan pula di hari loading, kami bertemu dengan buildernya dari FNG Works, Irwan Cheng dari Ipoh Malaysia. Ia tampak tengah sibuk mempersiapkan motor Honda C70 bermesin dahsyat XR600R sebagai hadiah untuk pengunjung yang hadir ke MAEPS, Serdang.

“ Kalau konsep semuanya datang dari Asep (AOS), saya hanya mengerjakan saja, namun teknisnya FNG Works semua. Intinya ingin tampilan minimalis, clean look seperti streetcub stock biasa,” sebut Abang Cheng yang juga mengerjakan lucky draw AOS tahun lepas berbasis Yamaha RXZ bermesin kembar.

Untuk mencangkok mesin Honda XR600R, Cheng tentu harus mengubah struktur sasisnya lebih kokoh. “Top tube dibuat lebih panjang hingga ke bawah jok dan mountingnya lebih dperkuat lagi. Sementara downtube-nya sekalian menjadi saluran oli (oil in frame). Modifikasi yang lain antara lain fork depan dibuat lebih wide begitu juga juga swingrm belakang,” beber Cheng. Hal ini membuat kapasitas tangki bahan bakar lebih mini.

Sebagai seorang engineering, Cheng terbiasa untuk merekayasa sendiri beberapa part di motor yang berjuluk Papa Jahat, mulai pemasangan mesin hingga aksesori lainnya termasuk sudah mengukur kekuatan dan kepresisiannya. ” Mesin ini standarnya memang tak pakai electric start, jadi begini saja, namanya juga motor custom,” sebut Cheng. (Arif/nm)

Data Modifikasi Honda C600R (Honda C70 + Honda XR600R)

Base Model: Honda C70 GBO-J

Engine: Honda XR600R, single cylinder, 4 stroke, 4 valve RFVC system

Frame: customized and reinforced to fit the engine but still retaining the “stock” look. Upgraded swingarm. Widened fork

Electrical system: one off custom

Fuel system: custom fuel tank with Keihin PWK 39mm

Exhaust system: one off custom stainless steel

Suspension: fork redone with new shocks and bushings, 300mm rear absorber

Lighting: one off custom front and rear light

Foot control: one off custom with honda original pegs

Drivetrain: one off custom sprocket and drive ratio

Seat: one off custom

Oil tank: one off custom, act as a frame stress member too

Wheelset: High polished alloy rims, 2.50×18 mated with 3.00-18 Pirelli City Demon tyres

Brake system: nobody cares

Hand control: one off custom honda c200 style, honda benly inspired front lamp

Look: minimalist streetcub with clean lines, slim look, “stock” look

LEAVE A REPLY