Presiden Jokowi Ingin Jajal, Menristekdikti Tinjau Pabrik Motor Listrik Gesits

0
284
Menristekdikti tinjau pabrik motor listrik Gesits
Menristekdikti meninjau pabrik motor listrik Gesits di Cileungsi Bogor, Minggu (5/8/2018). Foto: Istimewa

NaikMotor – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, mengunjungi pabrik Gesits di kawasan industri PT. Wijaya Karya (WIKA) Industri & Konstruksi di Cileungsi, Bogor, Minggu (5/8/2018). Menristekdikti tinjau pabrik motor listrik Gesits untuk memastikan produksinya tahun ini.

Menristekdikti tinjau pabrik motor listrik Gesits didampingi Direktur Utama PT. WIKA Tumiyana dan CEO PT Gesits Technologies Indo (GTI) Harun Sjech mendengar laporan hasil perkembangan dan rencana proses perakitan dari tim Gesits.

“Tujuan saya datang ke sini untuk melihat langsung perkembangan yang sudah dilakukan. Saya mendengar ada regulasi yang akan menghambat proyek Gesits, ternyata semua berjalan sesuai yang diharapkan,” kata Nasir.

Menristekdikti

Untuk itu kata Menristek, pemerintah akan terus mengawal proses industrialisasi Gesits agar bisa berjalan. Pemerintah juga mendorong agar produk yang dihasilkan memiliki kualitas standar mutu internasional.

Pada kesempatan Menristekdikti tinjau pabrik motor listrik Gesits juga menyampaikan bahwa Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menunggu peluncuran Gesits. “Presiden ingin mencoba langsung Gesits sebelum motor ini dipakai masyarakat,” tegas Nasir.

“Presiden minta disiapkan 50 unit pertama untuk digunakan di lingkungan Istana Negara. Wah, saya pikir ini akan membebankan anggaran perusahaan. Ya, setidaknya bisa disiapkan 15 unit,” lanjut Nasir diiringi tawa.

Sementara itu Tumiyana menyampaikan kesiapan PT. WIKA dalam memproduksi Gesits yang akan dilakukan pada tahun ini. Dikatakannya, tahap awal pabrik perakitan akan mampu memproduksi 50.000 unit per tahun.

“Sebagai tahap awal kami telah memiliki fasilitas industri perakitan yang siap memproduksi 50 ribu unit. Kapasitas ini akan kami tingkatkan secara bertahap hingga mencapai 100 ribu unit per tahun,” ujar Tumiyana.

Keberhasilan rancang bangun dan pengembangan Gesits yang dilakukan dari tingkat Universitas hingga industrialisasi adalah batu loncatan besar untuk mencapai kemandirian bangsa di masa mendatang.

Sementara Harun Sjech, Direktur Utama PT Gesits Technologies Indo sudah memberi sinyal akan lahirnya Gesits tahun ini. “Model produksi dari Gesits akan kita luncurkan pada September 2018,” katanya.

Pengenalan direncanakan berlangsung pada semester 2 2018. “17 Agustus 2018 sebagai tonggak untuk membangkitkan rasa Nasionalisme terhadap produk motor listrik Gesits buatan anak bangsa,” katanya.(Rls/nm)

LEAVE A REPLY

*