Harga Yamaha Niken Leaning Multi Wheeler, Setara dengan 10 Honda CB150 Verza

0
538
Harga yamaha niken
Yamaha Niken baru saja diumumkan harganya di Inggris. Foto: yamaha

NaikMotor – Three Wheeler Yamaha ini sudah diluncurkan lama di Eropa sejak akhir tahun lalu. Namun baru di Inggris terungkap harga Yamaha Niken┬áLeaning┬áMulti Wheeler seperti yang kabarkan media morebikes.

Yamaha Inggris akhirnya mempublikasikan harga Yamaha Niken baru-baru ini. Pasalnya sudah lama sejak kemunculannya di Tokyo Motor Show (TMS) 2017, ke publik Eropa di pameran EICMA, Milan 2017. Bahkan motor roda tiga pengembangan konsep MWT-9 Leaning Multi-Wheeler (LMW) itu diperkenalkan langsung oleh Valentino Rossi.

LMW Ackermann
Yamaha Niken menerapkan LMW Ackermann dan paralleogram link offset. Foto: Yamaha

Niken menggunakan sistem kemudi dua roda depannya dengan konstruksi parallelogram link. Yakni, semacam konstruksi empat persegi dengan masing-masing sudut dilengkapi engsel/joint. Konstruksi demikian bertujuan agar saat digeser atau dengan kata lain saat dimiringkannya, garpu ganda kiri dan kanan akan memiliki sudut kemiringan yang sama. Konstruksi paralleogram selain pada Niken bisa ditemui pada Peugeot Scooter Metropolis, Piaggio MP3 dan bahkan pada Yamaha Tricity.

Yamaha Niken mengusung mesin 900cc berbasis platform MT-09. Mesin crossplane berkapasitas 847cc 3-silinder dan berpendingin zat cair itu memiliki rasio kompresi 11.5:1. Menghasilkan tenaga 115PS pada 10.000 rpm dan torsi 87.5 Nm pada 8.500 rpm.

Di Inggris, Yamaha Niken akan dipasarkan dengan harga sekitar Rp189 jutaan. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*