Bocor Paten Yamaha V-Max Roda Tiga, Beda Banget Sama Punya Niken

0
104
Yamaha
Muncul bocoran paten Yamaha V-Max tapi roda tiga. Foto: Visordown

NaikMotor – Yamaha terlihat serius menggarap pasar baru motor roda tiga. Setelah memberi bocoran soal kemungkinan adanya produk baru di tengah-tengah Yamaha Niken dan Tricity, kini muncul bocoran paten Yamaha V-Max roda tiga.

Uniknya bocoran paten itu seperti versi modif dari V-Max, yakni motor cruiser bongsor Yamaha. Bedanya seperti disebutkan di atas, motor ini tidak memiliki dua roda tapi tiga roda dengan komposisi dua depan dan satu di belakang.

Makin penasaran sebab bocoran paten ‘V-Max roda tiga’ ini punya sistem kerja suspensi depan yang berbeda dari Yamaha Niken dan Tricity. Sistem kerjanya malah lebih mirip dengan konsep motor roda tiga Honda Neowing.

Persamaan keduanya yakni sama-sama memanfaatkan sistem Leaning Multi-Wheeler (LMW) Ackerman steering geometry dan paralllelogram, hanya saja streering geometry di motor Yamaha ini lebih terekspos daripada punya Honda.

Meski demikian, layaknya jika ada bocoran paten, belum tentu Yamaha benar-benar sedang menyiapkan ‘V-Max roda tiga.’ Sebab boleh jadi paten hanya untuk ‘mengunci’ suatu teknologi, dan dalam diskursus ini ialah teknologi suspensi baru.

Yamaha V-Max sendiri merupakan jenis cruiser Yamaha yang eksis mulai 1985 sampai 2007. Motor ini punya ciri khas mengusung mesin V4 komposisi 70 derajat. Sehingga bisa saja paten ini sebetulnya paten lama yang muncul kembali.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*