Bedah Spesifikasi Suzuki Nex II dengan Generasi Lama

0
471
Suzuki Nex II
Dimensi Suzuki Nex II lebih besar dari model sebelumnya. Foto: Bayu

NaikMotor – Suzuki Nex II resmi meluncur di IIMS 2018. Motor ini hadir dengan segala pembaruan baik dari segi tampilan hingga teknis. Tak pelak Suzuki berharap banyak dari Nex II supaya bisa jadi backbone baru penjualan.

Secara tampilan Suzuki Nex II berubah jauh dari versi lama. Perubahan pertama yakni bentuk headlight yang menyambung dengan sein. Lampu depan ini tambah sporty karena desain bodi depan menyerupai pelindung headlamps.

Dimensi Suzuki Nex II lebih besar daripada model lama. Panjang kini 1.890 mm, lebar 675 mm dan tinggi 1.045 mm. Sedangkan Nex sebelumnya memiliki panjang 1.850 mm, lebar 665 mm dan tinggi 1.235 mm.

Wheelbase Nex II sebesar 1.260 mm atau lebih panjang 25 mm dari yang lama. “Kami desain ulang sasisnya dibagian tengah. Jadi yang bilang rangkanya sama itu salah,” kata Harsoyo, Technical Trainer PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W.

Suzuki Nex II

Pengembangan lain di Nex model baru ini yaitu Suzuki berupaya memperbesar luas dek tengah. Glove box kiri-kanan depan juga dibuat lebih besar sehingga kini muat menaruh botol air minum 600cc dan bawaan lain lebih banyak.

Dengan floor deck lebih lega, Suzuki Nex II kini bisa muat menaruh dua buah galon air dengan posisi berdiri. “Karena sekarang bagian tengahnya (dek) lebih panjang 43 mm, bisa buat galon atau tas bisa lebih leluasa,” katanya.

Suzuki Nex II
Speedometer khas skutik entry level

Ground clearance Suzuki Nex II juga lebih tinggi 15 mm dari model lama. Kendati demikian kenikmatan berkendara diklaim makin nyaman sebab joknya lebih lebar 10 mm dan lebih panjang 70 mm dari generasi sebelumnya.

“Bobotnya juga lebih berat 3 kg dari Nex lama,” imbuhnya.

Suzuki Nex II
USB Charger

Soal fitur Nex II dibekali kunci magnet alias Shuttered key lock system. Arus listrik juga sudah DC jadi sebelum starter lampu depan langsung nyala. Fitur lain yakni sudah dibekali USB charger dengan tegangan 12 volt jadi tinggal colok.

Mesin Suzuki Nex II mengadopsi jantung berserta CVT Address. Mesin 4-tak, 1-silinder dengan bore x stroke 51.0 x 55.2 berkekuatan 6,7 Kw pada 8.000 rpm dan torsi 8,5 Nm pada 8.000 rpm sama seperti punya Address.(Agl/nm)

Suzuki Nex II

LEAVE A REPLY

*