Escape, Vespa Kustom Pseudo Scrambler Buatan Rusia

0
200
Vespa
Ide-ide yang lahir dari bengkel di Saint Petersburg, Rusia, ini boleh jadi rujukan buat pecinta Vespa ekstrim. Foto: Bike Exif

NaikMotor – Nama Butcher Garage alias ‘bengkel jagal’ memang belum booming di skena kustom roda dua, tapi ide-ide yang lahir dari bengkel di Saint Petersburg, Rusia, ini boleh jadi rujukan buat pecinta Vespa beraliran ekstrem.

Baru-baru ini mereka memperkenalkan Escape, Vespa PX 150 kustom bertema pseudo-scrambler. Motor ini merupakan kongsi antara Butcher Garage dengan SIP Scootershop, bengkel sekaligus penyedia aftermarket Vespa asal Jerman.

Vespa

Proyek ini mulai berjalan kala Butcher Garage dan SIP bertemu dua tahun silam, keduanya kemudian memutuskan untuk membuat karya bersama. Konten yang disepakati hanya satu yaitu membuat motor kustom di luar kebiasaan.

Tanpa basa-basi Alex ingin membuat skuter bertema scrambler. Skema ini dipilih sebab tren dunia yang mengarah pada motor dual purpose. Selain itu juga ingin mengakomodasi pecinta skuter yang ingin skuter dua alam.

Vespa

“Kami mengikuti mode di dunia dimana hampir setiap pabrikan motor mempersembahkan scrambler di EICMA tahun itu. Kami melihatnya sebagai peluang untuk memanfaatkan tren, dan membangun Vespa dengan gaya yang sama,” katanya.

Escape mengadopsi motor jadul era 60-70’an yang merujuk pada film Steve McQueen 1963. Desain tangkinya dari Husqvarna 1970-an yang ditaruh dan dijepit di tengah frame, sedangkan jok meniru BSA klasik.

Bukan hanya tampilan tapi mesin juga kena ubahan. Jantung standar sudah pasti lengser, bak mesin copotan dari Pinasco dan silinder Parmakit dengan kubikasi 177cc kini berpendingin air dan diletakkan tersembunyi di bagian dalam.

Jantung baru juga ditunjang crankshaft, pengapian, kopling dan driveshaft aftermarket kualitas wahid. Supaya napas lebih lega  karbu standar diganti punya Keihin yang dilengkapi dengan filter ras Ramair, dan knalpot lansiran SIP.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*