Prinsip Dasar Mengganti Aki Motor

0
222
Aki Motor
Mengganti aki motor di skuter matik bukan sesuatu yang baru. Meski demikian tetap ada tata cara untuk melepas dan memasang aki dengan benar. Foto: Gilang

NaikMotor – Mengganti aki motor di skuter matik bukan sesuatu yang baru. Meski begitu tetap ada prinsip dasar untuk melepas dan memasang aki yang benar, supaya tidak terjadi percikan arus listrik yang dapat membahayakan.

Seperti diketahui aki memiliki daya listrik yang digunakan untuk berbagai keperluan kelistrikan di motor. Jika saat melepas dan memasang kurang benar, maka muatan di dalam aki bisa menyulut api. Kecuali aki sudah mati total, beda cerita.

Saat ini ada dua jenis aki motor dipasaran yakni aki kering atau MF (Maintenance Free) dan aki basah. Keduanya sama-sama memakai cairan elektroda. Bedanya aki kering bebas perawatan, pakai sampai rusak dan kemudian ganti.(Agl/nm)

Aki Motor
Kutub negatif biasanya langsung terbuka tanpa penutup.

1. Buka Kutub Negatif

Hal yang pertama harus diperhatikan ketika ingin melepas aki ialah membuka kutub negatif terlebih dahulu baru kemudian kutub positif. Baut kutub negatif pada aki biasanya langsung terbuka, beda dengan kutub positif yang memiliki tutup dari karet.

Aki Motor
Untuk melepas, buka kutub negatif baru kemudian kutub positif.

Dengan membuka kutub negatif lebih dulu berarti meminimalisir terjadinya percikan listrik. Karena jika melepas kutub positif sedangkan aki masih punya daya yang cukup maka dikhawatirkan bisa terjadi percikan api.

Aki Motor

2. Pasang Kutub Positif

Jika ingin memasang kembali maka lakukan langkah di atas secara terbalik. Pasang kutub positif dahulu baru kemudian kutub negatif. Tujuannya sama, yakni meminimalisir adanya arus listrik yang dapat membuat percikan api.

Aki Motor
Untuk memasang kembali, pasang kutub positif baru kemudian kutub negatif.

Nah mudah kan..

LEAVE A REPLY

*