Modifikasi Benelli 354 Sport Cafe Racer, Penghormatan Buat Ferrari 512M

0
282
Benelli 354 Sport
Beri penghormatan buat Ferrari 512M, Plan B Motorcycles menyulap Benelli 354 Sport menjadi motor balap jadul. Foto: Michel Deguernel

NaikMotor – Ferrari 512M merupakan salah satu mobil balap Le Mans paling popular di tahun 1970. Untuk merayakan sepak terjangnya, Plan B Motorcycles menyulap Benelli 354 Sport yang bergenre naked sport menjadi cafe racer.

Christian Moretti, punggawa Plan B Motorcycles memilih basis Benelli 354 Sport karena baik Benelli dan Ferrari sama-sama berasal dari Italia. Meski begitu Plan B tidak mau terjebak pakem sehingga wujudnya merupakan terjemahan sendiri.

“Awalnya saya ingin motor Italia untuk merayakan kejayaan mobil Italia. Sedikit patriotisme tidak begitu buruk. Ini bukan restorasi dan bukan replika. Juga bukan penghormatan yang tepat, tetapi lebih seperti perayaan mesin yang sangat penting dan ikonik,” katanya.

Benelli 354 Sport
Foto: Michel Deguernel

Sebagai awalan Moretti langsung membedah jeroan mesin. Benelli 354 memiliki sasis kecil dan ringan untuk eranya, tapi mesinnya tidak pernah benar-benar jadi acuan. Untuk itu sebelum memulai proyek ini dimulai seluruh blok diganti jadi 500cc.

“Powernya sekarang hampir dua kali lipat, dan lebih banyak torsi yang kini mengalir ke dalam sasis yang lebih kecil dan lebih ringan,” imbuh Moretti.

Benelli 354 Sport

Sasis standar pun tidak dipakai semua, bagian belakangnya dipotong untuk menghasilkan ‘Benelli 512M.’ Gantinya Plan B membuat sub frame baru dari alumunium yang lebih ringan. Demi mengejar bobot dan tampilan swingarm belakang juga buat baru dari pipa tubular.

Swingarm tubular tersebut ditopang monoshock besutan Gears Racing mengantikan sok dobel di rangka standar. Untuk mengimbangi kaki-kaki belakang, dibagian depan menggunakan fork milik Buell M2 termasuk sistem pengeremannya.

Benelli 354 Sport
Foto: Michel Deguernel

Tidak lupa mesin yang sudah naik kelas itu masih ditunjang beragam produk aftermarket penambah performa, seperti pengapian yang kini memakai Dynatech. Pernafasan juga dibenahi dengan menggunakan karburator besutan Dell’Orto dan velocity stack custom.

Terakhir meski tidak terlihat dari luar, knalpot yang dilapis ceramic coating ini dibuat dengan konfigurasi 4-1-2-4 dan masing-masing ujungnya memakai silencer HP Corse Hydroform.(Agl/nm)

Sumber:Return Of The Cafe Racers
Foto: Michel Deguernel

LEAVE A REPLY

*