Ini Kesalahan Umum Pengguna Cat Semprot Sehingga Pengecatan Kurang Bagus

0
3778
Kesalahan Umum Pengguna Cat Semprot
Aplikasi cat semprot meski praktis ternyata ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan agar pengecatan sempurna. Foto: Yusuf Arief

NaikMotor – Cat semprot telah memberikan kemudahan bagi siapa pun untuk bisa memperbaiki penampilan sepeda motornya. Tetapi ternyata ada beberapa kesalahan umum pengguna cat semprot, sehingga pengecatan kurang memuaskan.

Cat semprot seperti Diton Premium yang khusus untuk sepeda motor pun demikian, menuntut syarat tertentu agar tidak menimbulkan kesalahan umum pengguna cat semprot. Seperti yang dipaparkan Steve Adrian, Marketing Communications PT Difan Prima Paint, produsen Cat Semprot Diton Premium.

Umumnya kesalahan umum penggunaan cat semprot terjadi karena pengguna tidak membaca petunjuk yang tertera pada kaleng aerosol kemasan cat semprot, baik sebelum maupun sesudah penggunaan. Diantaranya:

Kesalahan Umum Pengguna Cat Semprot

1.Tidak mengocok kaleng cat dengan seksama, setidaknya 1 menit agar cat tercampur dengan sempurna. Cat semprot yang kurang lama diaduk akan menghasilkan granule cat atau hasil yang bergradasi.

2. Mengecat saat udara lembab atau dingin.
Mengecat dalam cuaca demikian akan membuat pengeringan tidak merata. Bagian permukaan cat akan lebih cepat mengering sementara bagian bawah belum, sehingga bisa menyebabkan hasil cat mengkerut atau seperti kulit jeruk.

Kesalahan Umum Pengguna Cat Semprot

3. Tidak membersihkan permukaan objek.
Permukaan objek pengecatan sebaiknya dibersihkan dahulu, terutama setelah diamplas untuk menyiapkan permukaan yang lebih baik untuk daya rekat cat. Permukaan objek cat sebaiknya bebas dari kotoran, debu amplas dan minyak, agar hasil pengecatan memiliki daya rekat baik dan hasil yang merata.

4. Mengecat tidak merata.
Penyemprotan yang hanya berkonsentrasi pada satu titik saja akan menyebabkan efek seperti pada poin 2.
Sebaiknya lakukan pengecatan tipis-tipis pada awalnya, dan lakukan hingga 3 kali pelapisan agar hasilmya lebih baik.
Lakukan latihan penyemprotan merata pada objek lain agar lancar dan mahir, sebelum menyemprot pada komponen motor dimaksud.

Kesalahan Umum Pengguna Cat Semprot

5. Cat tidak dibiarkan mengering sempurna.
Meski cat semprot dirancang agar cepat mengering dalam waktu 15 menit-an, namun ada baiknya hasil pengecatan dibiarkan mengering lebih lama agar pengeringan merata, dan permukaan cat mengeras lebih sempurna.

6. Setelah pengecatan tidak membersihkan saluran cat semprot.
Caranya balikkan kaleng dan semprotkan hingga tinggal angin yang keluar. Tujuannya agar saluran cat semprot bersih dan tidak ada cat yang tetinggal di saluran, sebab jika mengering terutama akan disimpan lama bisa menyumbat salurannya nanti jika digunakan lagi. (Afid/nm)

Kesalahan Umum Pengguna Cat Semprot

LEAVE A REPLY

*