Modifikasi Suzuki GSX-R150 ‘Wanna Be’ Pakai Kaki-Kaki CBR250RR

0
1024
GSX-R150

NaikMotor – Bosan menunggu Suzuki GSX-R250 yang entah kapan meluncur membuat Mamet Rahardi akhirnya mengubah GSX-R150 miliknya jadi “GSX-R250 Wanna Be.” Semata-mata ingin motornya lebih berbobot sekelas Ninja 250 maupun CBR250RR. 

“Saya ingin mewakili harapan dan selera sebagian besar pecinta motorsport terutama Suzuki di Indonesia. Jika nantinya akan ada produk 250cc, berharap tidak jauh dari hasil ubahan ini. Semacam masukan dan referensi buat Suzuki,” kata Mamet.

GSX-R150

Untuk mengejar tampilan motorspot 250cc otomatis tampilan GSX-R150 harus dibuat lebih berisi. Tidak tanggung-tanggung, Mamet pun membenamkan kaki-kaki dari Honda CBR250RR full set mulai dari USD, swingarm, velg, cakram, kaliper, bracket, dan lainnya.

Mamet memilih kaki-kaki CBR250RR karena ukurannya paling proporsional untuk GSX-R150. Ukuran velg juga tidak naik terlalu banyak, masih pantes buat dimensi GSX-R150 yang ramping. Prosesnya dikerjakan oleh Yusa Firdaus dari 902 Garage di Harapan Baru, Bekasi.

GSX-R150
Foto: Okky Zulham

“Ada penyesuaian di segitiga karena as komstir beda ukuran jadi harus dibuatkan as komstir baru ke tukang bubut. Untuk swingarm, harus dipapas sekitar 3cm untuk menyesuaikan sasis GSX yang dimensinya lebih kecil serta penyesuaian dudukan pro link biar pas ke sasis,” katanya.

Kaki-kaki CBR250RR memang sukses mendongkrak tampilan GSX-R150 jadi lebih kekar, hanya saja konsekuensinya swingarm belakang jadi melar 10cm. “Pasti pengaruh ke handling, motor jadi kurang lincah kalau diajak nikung,” kata Mamet.

GSX-R150
Suzuki GSV-R milik Kenny Roberts Jr di MotoGP 2005. Foto: Motorcycleusa

Beres urusan kaki-kaki beralih ke penampilan. Member Team Seduluran Sampai Tua alias Team Sesat GeLo ini memilih livery Suzuki GSV-R Kenny Roberts Jr MotoGP. “Motor aslinya hitam metalik, sengaja saya tukar putih untuk masukin livery ini hasil airbrush bengkel di Depok,” imbuhnya.

Meski sudah keren Mamet ternyata masih belum puas. “Masih nunggu shock belakang sebenernya, RPM Taiwan yang pakai tabung. Tadinya mau ubah tangki sama buntut juga. Bikin tangki baru sama body belakang yang agak gede biar lebih kelihatan motor 250cc,” pungkasnya.(Agl/nm)

Spesifikasi GSX-R150 Wanna Be

Kaki-kaki: CBR250RR USD, velg, arm, caliper, disc, spakbor, hugger
Ban: Corsa 120/60 depan, 150/60 belakang
Body: Airbrush livery GSV-R MotoGP
Knalpot: Over Racing Titanium
Windshield: MRA
Footstep: Bonamici Racing
Leverguard: Bonamici Racing
Master Rem dan Kopling: Galespeed
Gas Spontan: Active
Handgrip: Ariete Alumunium
Headlamp: Suzuki GSX-125

LEAVE A REPLY

*