Ini Alasan Tech3 Tidak Lagi Menggunakan Yamaha M1 di MotoGP 2019

0
259
Alasan Tech3 Tidak Lagi Menggunakan Yamaha
Zarco lebih cepat daripada Vinales. Saat tes pramusim MotoGp 2018 Qatar. Foto: autosport

NaikMotor – Pemilik tim balap MotoGP dari Perancis, Herve Poncharal telah menyatakan akan menghentikan penggunaan Yamaha. Ini alasan Tech3 tidak lagi menggunakan Yamaha M1 di MotoGP 2019.

Kepada media autosport dan crash, Poncharal menyatakan bahwa Yamaha tidak terlalu mendukung Johann Zarco di musim MotoGP belakangan. Sehingga kerja sama yang telah berlangsung lebih dari 18 tahun dengan Yamaha Racing itu hanya hingga musim MotoGP 2018 saja. Menjadikan alasan Tech3 tidak lagi menggunakan Yamaha M1 di MotoGP 2019.

Padahal Zarco sebagai rookie di musim 2017 telah mencatatkan 2 podium dan dalam kejuaraan balap motor dunia ada di posisi ke-6. Zarco podium di trek basah Malaysia dan Valencia, itupun nyaris menjadi juara seri.

Sehingga, dengan pencapaian itu, Poncharal berharap Zarco akan mendapatkan dukungan perlengkapan Yamaha yang lebih baik. Poncharal menganalogikan seperti dukungan Honda terhadap tim LCR dan pembalapnya, Cal Crutchlow, seperti juga dukungan Ducati terhadap pembalap Pramac, Danilo Petrucci. “Setiap orang pastinya berharap mendapatkan sesuatu yang spesial dari Yamaha dalam dukungan kepada Zarco, seperti halnya HRC kepada Cal atau Ducati kepada Petrucci,” kata Poncharal.

Namun, ternyata Zarco tidak mendapatkan spek terkini Yamaha YZR-M1 untuk musim 2018. Bahkan, di musim lalu, Zarco mendapat motor bermasalah sebelum kembali menggunakan versi 2016, yang justru membuatnya menjadi tercepat di tes pra musim MotoGP 2018 Qatar lalu.

“Tetapi apapun sebagai tim satelit, kita berharap lebih baik, paling tidak mendekati seperti terhadap tim pabrikan. Padahal dengan aturan teknis terbaru kita bisa mendapatkan dukungan mendekati tim pabrikan,” keluh Poncharal. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*