Hubungan Tech3 dan Yamaha ‘End’Per Akhir 2018, Pindah ke KTM?

0
Tech3 mengakhiri kontrak dengan Yamaha
Syahrin dengan Yamaha Tech3 di tes Buriram. Tech3 akan mengakhiri kerjasama dengan Yamaha per musim 2018. Foto: autosport

NaikMotor – Ternyata tim satelit MotoGP asal Perancis itu belum lepas juga dari perhatian media. Setelah merekrut pembalap baru dari Malaysia, Hafizh Syahrin, Tech3 mengakhiri kontrak dengan Yamaha per akhir 2018.

Tech3 ternyata telah hampir 20 tahun bekerja sama pabrikan berlogo garpu tala untuk menyediakan sepeda motor keperluan balapan Grand Prix. Tech3 menggunakan motor Yamaha sejak di kelas 250 cc di 2000, sebelum naik kelas ke GP500 setahun kemudian di 2001, dengan Olivier Jacque dan Shina Nakano.

Tech3 mengakhiri kontrak dengan Yamaha per akhir 2018 ternyata merupakan keputusan tim Perancis itu sendiri. Kabarnya, Tech3 telah menerima tawaran dari pabrikan lainnya mulai MotoGP 2019. Isu yang beredar menyebutkan KTM yang akan menyediakan motor balap bagi Tech3. Isu telah beredar sejak tes Valencia.

Tetapi selain kabar tentang KTM, isu lain menyebut tim asuhan Valentino Rossi, VR46 akan masuk ke MotoGP sebagai tim satelit Yamaha baru. Namun, isu itu belum dikonfirmasi kebenarannya.

Herve Poncharal, manajer tim Tech3 menyatakan, sebagai tim kecil harus memutuskan sesuatu yang berhubungan dengan kelangsungan timnya di masa depan dengan banyak pertimbangan dari berbagai aspek. “Kami telah menerima tawaran baru yang tidak mungkin kami jawab tidak.”

Sementara Kouichi Tsuji, presiden Yamaha Motor Racing menyatakan, akhir dari sebuah kerja sama yang sukses selalu membawa kesedihan. “Tetapi kami menghargai keputusan Herve, dan tetap mendukungnya penuh hingga kontrak berakhir.” (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here