Begini Komposisi Pembalap MotoGP 2018 Jika Hafizh Direkrut Yamaha Tech3

0
144
Komposisi Pembalap MotoGP 2018
Komposisi Pembalap MotoGP 2018 turut berubah ketika Syahrin direkrut Yamaha Tech3. Foto: speedermag

NaikMotor – Komposisi Pembalap MotoGP 2018 jika Hafizh Syahrin direkrut Yamaha Tech3 akan berubah. Tentu bukan hanya tim Tech3 yang telah bongkar pasang pembalapnya jelang musim 2018.

Di musim MotoGP 2018 akan ada 12 tim dan 24 pembalap yang bertarung selama 19 seri. Perubahan komposisi Pembalap MotoGP 2018 telah sempat menghangat kembali ketika Jonas Folger menyatakan tidak akan balapan selama musim 2018.

Walaupun untuk tim pabrikan, mereka telah memiliki kontrak untuk masing-masing pembalapnya hingga akhir musim 2018. Tetapi tetap ada yang harus dikecualikan, seperti Aprilia yang harus menghentikan kontrak dengan Sam Lowes, akibat stagnannya prestasi mantan pembalap Moto2 di Tim Gresini itu. Kesempatan menggantikan Lowes diambil oleh Scott Redding hingga akhir musim 2018.

Tim Red Bull KTM pun sempat mengalami dilema, antara mengangkat Mika Kallio sebagai pembalap utama menggantikan Bradley Smith di musim 2018 atau tetap sebagai test rider dan pembalap wild card. Namun keputusannya Smith tetap berperan sebagai pembalap utama.

Jauh sebelum Aprilia Racing menyetujui Redding, pembalap seperti Danilo Petrucci, Jack Miller, Alvaro Bautista, Andrea Iannone dan Cal Crutchlow telah masuk dalam list tim dari Italia itu. Scott Redding yang tidak meyakinkan (dia harus memberi ruang bagi Jack Miller di Pramac-Ducati) sekarang dianggap sebagai penyelamat di sana, tapi Aprilia Racing hanya memberinya kontrak satu tahun. “Redding adalah pilihan yang kurang beresiko dibanding Sam Lowes”, kata manajer Aprilia Racing Romano Albesiano.

Sementara Cal Crutchlow enggan untuk direkrut Aprilia dan lebih suka menandatangani kontrak dua tahun dengan HRC. Tim yang juga telah memotong kontrak Miller, yang telah tiga tahun sebelumnya di Honda. LCR-Honda telah mendapat hibah setidaknya Euro1,5 juta dari HRC, sehingga bisa merekrut pembalap kedua, namun bukan Miller tetapi jatuh ke Pembalap Jepang, Takaaki Nakagami mantan pembalap Moto2.

Di Marc VDS Honda, Juara Dunia Moto2 Franco Morbidelli dan Tom Lüthi dari Swiss akan memulai debut mereka di kelas utama.

Di Reale Seguros Avintia ada Tito Rabat selepas dua tahun sebelumnya bersama Marc VDS Honda. Rabat menggantikan Héctor Barberá yang akan turun kelas di Moto2 2018. Dia akan bersama Xavier Siméon dari Belgia bersama manajernya Freddy Tacheny.

Di tim Ángel Nieto, Álvaro Bautista sudah dikonfirmasi pada bulan Juni lalu sebagai pembalap MotoGP untuk tahun 2018. Dia telah menolak tawaran Aprilia karena dia merasa lebih baik bersama Ducati dengan Pembalap dari Ceko, Karel Abraham.

Tim satelit Pramac Ducati tengah melanjutkan dengan Danilo Petrucci (empat podium pada 2017), bersama Jack Miller.

Terakhir, sebenarnya Tim Yamaha Tech3 telah memperpanjang kontrak dengan Jonas Folger dan Johann Zarco. Tapi Folger memutuskan bahwa dia tidak akan bisa balapan pada musim 2018. Kabarnya dia akan digantikan oleh Hafizh Syahrin mantan Pembalap Moto2 dari Malaysia. Sehingga komposisi Pembalap MotoGP 2018 jika Syahrin direkrut Yamaha Tech3 akan berubah. (Afid/nm)

Komposisi Pembalap MotoGP 2018 Jika Hafizh Syarin Direkrut Yamaha Tech3
Berdasarkan No Start
1 4 Andrea Dovizioso (I / Ducati) Ducati team
2 5 Johann Zarco (F / Yamaha) Monster Yamaha Tech3
3 9 Danilo Petrucci (I / Ducati) Octo Pramac Racing
4 10 Xavier Simeon (B / Ducati) Real Avintia Racing
5 12 Tom Luthi (CH / Honda) EC 0.0 Marc VDS
6 17 Karel Abraham (CZ / Ducati) Ángel Nieto Team
7 19 Álvaro Bautista (E / Ducati) Ángel Nieto Team
8 21 Franco Morbidelli (I / Honda) EC 0.0 Marc VDS
9 25 Maverick Viñales (E / Yamaha) Movistar Yamaha
10 26 Dani Pedrosa (E / Honda) Repsol Honda Team
11 29 Andrea Iannone (I / Suzuki) Team Suzuki Ecstar
12 30 Takaaki Nakagami (J / Honda) LCR Honda Idemitsu
13 35 Cal Crutchlow (GB / Honda) LCR Honda Castrol
14 38 Bradley Smith (GB / KTM) Red Bull KTM
15 41 Aleix Espargaró (E / Aprilia) Aprilia Racing Gresini
16 42 Alex Rins (E / Suzuki) Team Suzuki Ecstar
17 43 Jack Miller (AUS / Ducati) Octo Pramac Racing
18 44 Pol Espargaró (E / KTM) Red Bull KTM
19 45 Scott Redding (GB / Aprilia) Aprilia Racing Gresini
20 46 Valentino Rossi (I / Yamaha) Movistar Yamaha
21 53 Tito Rabat (E / Ducati) Real Avintia Racing
22 93 Marc Márquez (E / Honda) Repsol Honda Team
23 55 Hafizh Syahrin (MAL / Yamaha)Monster Yamaha Tech3
24 99 Jorge Lorenzo (E / Ducati) Ducati team

LEAVE A REPLY

*