Tak Mau Gegabah, Piaggio Indonesia Studi Pasar Aprilia RS dan Tuono 150

0
Aprilia RS
Aprilia RS 150 dan Tuono 150 (latar kanan) diluncurkan di Auto Expo 2018. Foto: motorbeam

NaikMotor – Piaggio Indonesia mengatakan sedang melakukan studi pasar terhadap Aprilia RS 150 dan Tuono 150 yang meluncur di India Auto Expo. Lama studinya tidak bisa dipastikan, Piaggio harus yakin pasar motor sport 150cc memang ‘bisa’ dimasuki.

“Apa itu produk yang bagus? jelas karena itu produk Piaggio. Tapi apakah tepat untuk Indonesia? yes or no? kami sedang investigasi. Jika kami sudah berhasil menyimpulkan baru kami lakukan,” kata Marco Noto La Diega, President Director Piaggio Indonesia.

Marco mengatakan produk Piaggio untuk pasar global sangat bervariasi. Tiap produk juga ditentukan oleh karakter tiap regionnya. Contohnya, di Indonesia Vespa yang paling laku yakni kelas 150cc sementara di negara lain kebanyakan 125cc.

“Lantas apakah mereka (negara lain) menunggu-nunggu yang 150cc? tidak, bukan itu pertanyaan sesungguhnya. Saya akan membawa negara ini, produk yang sangat memuaskan yang berdasarkan dengan kebutuhan konsumen tersebut,” imbuh Marco.

Piaggio Indonesia
Aprilia Tuono 150

Wajar jika pria asli Italia itu tidak mau sesumbar bahwa Piaggio Indonesia tertarik meminang Aprilia RS 150 atau Tuono 150. Sebab diakui atau tidak, pasar motor sport 150cc merupakan salah satu segmen yang paling ketat di pasar sepeda motor Indonesia.

Pemain sport dikelas ini sudah banyak, baik dari versi full fairing sampai naked dan semuanya didominasi Jepang. Keunggulan kompetitor ialah punya pabrik sendiri sehingga biaya bisa ditekan, dan seperti diketahui harga merupakan hal krusial.

Di India Aprilia RS 150 dan Tuono 150 akan berhadapan dengan Yamaha YZF-R15 dan Suzuki Gixxer. Sedangkan di Indonesia lebih banyak lagi mulai Honda CBR150R, Yamaha YZF-R15 dan  Xabre hingga duet Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150.

“Jadi produk itu bagus (Aprilia RS 150 dan Tuono 150), banyak kesempatan yang terbuka bersamanya, tapi seperti sebelumnya saya bilang, we do when we are ready. If we are not ready, tunggu sebentar,” pungkasnya.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*