Kepincut Yamaha Lexi? Kenali Plus Minusnya Sebelum Inden

0
8290
Yamaha Lexi
Kata 'Sexy Lexi' ternyata pertama kali dilontarkan oleh Valentino Rossi. Foto: Gilang

NaikMotor – Walau sudah resmi meluncur Yamaha Lexi belum bisa dipinang. Bagi yang tertarik harus bersabar sebab baru akan diproduksi April mendatang. Nah, buat yang terlanjur kepincut Lexi kenali dulu plus minusnya sebelum melakukan inden.

Layaknya pribahasa tak ada gading yang tak retak, tiap motor pasti punya kekurangan. Sajian ini hanya mengulas keunggulan dan kekurangan Lexi dari segi fitur dan spesifikasi. Buat yang lain mesti menunggu review saat motor sudah dilepas ke pasar.

Keunggulan:

Yamaha Lexi
Minoru Morimoto memperagakan cara menyimpan galon air di dek Yamaha Lexi. Foto: Ghalib

1. Dek Lebar

Identitas Lexi sebagai keluarga Maxi Scooter Yamaha tercermin dari dek tengah yang lebar. Ruang tengah yang lebar memungkinkan kaki selonjoran. Selain itu ruang tengah di dek juga berguna untuk membawa barang seperti menaruh galon air.

yamaha lexi

2. Jok Panjang

Jok lebih panjang seperti Yamaha Nouvo diklaim bakal jadi kelebihan Lexi. Sama seperti keluarga Maxi Scooter lainnya, jok lebih panjang artinya punya lebih banyak ruang. Pengemudi dan pembonceng pun bakal lebih lega saat duduk di atas motor.

Yamaha Lexi

3. Power Outlet 12VDC

Selain jok lebar satu lagi kelebihan Lexi buat menarik yakni adanya power outlet 12VDC di glove box atau di saku dalam kiri motor. Soket ini bisa berfungsi untuk charging smartphone dengan menambahkan USB car charger buat colokan USB 5VDC.

Fitur ini memang bukan yang pertama ada di motor. New Honda Scoopy sudah menerapkannya sejak meluncur Maret 2017. Tapi makin kesini power outlet diklaim sebagai salah satu kelengkapan standar, apalagi banyaknya populasi ojek online yang butuh pengisian daya.

yamaha lexi

4. Akselerasi Setara NMax

Yamaha Lexi mengadopsi mesin Yamaha NVX alias Aerox 125 Vietnam. Meski bore x stroke sama seperti NMax 125, namun karakter setingan ECU Aerox yang diposting sebagai skutik bertema racing dibuat lebih menohok daripada NMax yang lebih elegan.

Dengan catatan bobot yang lebih ringan dari NMax 150 yang dijual di Indonesia, akselerasi awal Lexi setara NMax. “Kita lakukan pengujian, akselerasi NMax dan Lexi di 100 meter pertama itu sama,” kata M Abidin, GM Aftersales dan Motorsport YIMM.

yamaha lexi

5. Harga dan Fitur

Dengan estimasi harga di bawah Rp 20 juta yakni standar Rp 19 juta dan Lexi S Rp 20 juta, adik NMax ini diklaim menjadi skuter ‘premium harga terjangkau.’ Fitur dilengkapi smart key, start stop dan mesin Blue Core, serta lampu hazard. Lampu depan LED, speedometer digital.

Kekurangan:

yamaha lexi

1. Tinggi Jok

Yamaha Indonesia mengklaim dengan desain lebih ‘manis’ dan fitur baru, penantang Vario 125 ini merupakan pilihan tepat bagi konsumen wanita. Tapi dengan tinggi jok 785 mm agaknya kelewat semampai untuk rata-rata wanita Indonesia.

Sebagai perbandingan, Yamaha V-Ixion memiliki tinggi jok 795 mm atau hanya selisih 1 cm dari Lexi. Bahkan lebih tinggi 2 cm dari NMax dengan 765 mm. Ini bisa terjadi karena Lexi memakai pelek 14 inci seperti skutik kebanyakan, beda dengan NMax yang 13 inci.

yamaha lexi

2. Bagasi Kecil

Yamaha boleh saja menyodorkan Lexi sebagai skutik premium harga terjangkau yang diposting bakal banyak disukai pengojek online. Dengan kelebihan jok panjang, dek lebar dan power outlet, namun di balik jok nyatanya bangasi Lexi terbilang sempit.

NaikMotor.com belum sempat menjajal apakah bagasi Lexi muat untuk helm full face atau tidak. Melihat sudut dan luas perkiraan tempat agaknya hanya cukup untuk helm half face jenis tertentu, namun harus dibuktikan saat test ride.

yamaha lexi

3. Glove Box Kecil

Balik lagi soal fitur kenyamanan. Glove box di sisi kiri terlalu kecil untuk menyimpan botol minum kemasan karena berbagi tempat dengan power outlet. Sebagai skutik yang diklaim memiliki kepraktisan tinggi glove box kecil bukan nilai plus.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*