Menghadap Eropa, Yamaha Niken Diperkenalkan Valentino Rossi

0
Yamaha Niken
Yamaha Niken kini menghadap ke publik Eropa di pameran EICMA, Milan 2017 diperkenalkan langsung oleh Valentino Rossi. Foto: Yamaha

NaikMotor – Setelah mengentak Tokyo Motor Show (TMS) 2017, Yamaha Niken kini menghadap ke publik Eropa di pameran EICMA, Milan 2017. Motor roda tiga pengembangan konsep MWT-9 Leaning Multi-Wheeler (LMW) itu diperkenalkan langsung oleh Valentino Rossi.

Yamaha Niken mengusung mesin 900cc berbasis platform MT-09. Mesin crossplane berkapasitas 847cc 3-silinder dan berpendingin zat cair itu memiliki rasio kompresi 11.5:1. Menghasilkan tenaga 115PS pada 10.000 rpm dan torsi 87.5 Nm pada 8.500 rpm.

Yamaha Niken

Sama seperti pada MWT-9, Yamaha Niken mengusung teknologi LMW untuk memudahkannya berbelok dan tetap stabil. Mekanisme suspensi depan memanfaatkan garpu dual tube upside down dan roda berukuran 15 inci. Kedua roda beroperasi secara independen saat belok di tikungan.

Yamaha Niken

Dibandingkan dengan Yamaha FZ-09, posisi duduk Niken lebih mundur hampir dua inci ke belakang. Ini membantu memberikan distribusi bobot 50/50 yang membuat pengendalian lebih baik. Niken juga menggunakan swingarm aluminium 21,7 inci, yang setengah inci lebih panjang dari FZ-09.

Yamaha Niken

Sistem kontrol elektronik termasuk didalamnya throttle ride-by-wire, kontrol traksi, ABS, quick shifter dan cruise control. sistem pengereman menggunakan dua cakram 298mm di depan yang bterletak di bagian luar roda. Sedangkan di belakang menggunakan cakram tunggal 282mm.(Agl/nm)

Yamaha Niken

LEAVE A REPLY

*