Wow! Royal Enfield 1.000cc V-Twin Siap Diluncurkan Akhir Tahun Ini

0
Royal Enfield 1.000cc
Carberry Motorcycles menyedikan mesin custom untuk Royal Enfield 1.000cc. Foto: Carberry

NaikMotor – Bila selama ini kita mengenal mesinnya hanya di kisaran 350cc -500cc ternyata Royal Enfield 1.000cc sudah ada, walaupun modelnya bukan buatan Eicher Group India. Adalah Carberry Motorcycles (Dream Engine and Modifications) yang menyediakan mesin V-Twin 1.000cc untuk sepeda motor ikonik itu.

Royal Enfield 1.000cc itu bermesin V-Twin produk Carberry pabrikan yang dahulu berbasis di Australia, kini di Durg, Chhattisgarh, di Barat India. Carberry membuat mesin custom utuh untuk Royal Enfield yang sejatinya bermesin dengan silinder tunggal.

Rencananya Royal Enfield 1.000cc Carberry itu akan diluncurkan Desember 2017 nanti. Saat ini model masih dalam proses homologasi di badan yang berkompeten di India. Diperkirakan pula Royal Enfield ber!esin besar custom itu akan dihadirkan saat Auto Expo 2018 di awal tahun.

Mesin 1.000 cc produk Carberry itu berbasis mesin 500cc yang digandakan sebagai V-Twin. Keduanya ditempatkan pada crankshaft yang sama dengan sudut 55 derajat format V. Mesin didesain dengan piston long stroke, sehingga mampu menghasilkan 56 daya kuda dan torsi 108 Nm, dengan transmisi 5 percepatan.

Karena kini menyandang mesin dengan dua silinder, maka motor starter pun diganti dengan model heavy duty agar kuat memuntir crank saat penyalaan. Crankshaft pun sudah diperbesar dan diperkuat. Sedangkan sistem pembuka katup yang bekerja secara hidroliknya pun baru dan lebih kuat tentunya. Selain itu pula rantai penggeraknya menggunakan ukuran yang lebih besar.

Namun karakter Royal Enfield dengan torsi besar masih dipertahankan berkat penggunaan piston long stroke. Sementara kecepatan puncaknya bisa diraih hingga 150 km/jam. Royal Enfield 1000cc Carberry V-Twin itu rencananya akan dipasarkan seharga sekitar Rp 146 jutaan. (Afid/nm)

Spesifikasi Royal Enfield 1.000cc Carberry

Mesin V-Twin 55 ° fuel-injected, air-cooled
Kapasitas 1.000cc
Tenaga 56 daya kuda
Torsi 108Nm
Transmisi manual 5-percepatan
Kecepatan puncak 150 km/jam

Fitur

Front and Rear Disc Brakes
Heavy-Duty Crankshaft
7-Plate Hydraulic Clutch
17-inch Spoke Wheels
Twin Side-Slung Exhausts
Twin-Shock Rear Suspension
Strengthened Primary Chain
Hydraulic Valve Lifters
Kick-starter
Heavy Duty Starter Motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here