Future Sport Bike CBR250RR, Sebuah Khayalan Masa Depan

0
Future Sport Bike CBR250RR, Sebuah Khayalan Masa Depan
All New Honda CBR250RR dengan konsep Future Bike Sport hasil karya Perterson Rivai dari Zone Modified Project Bandung. Foto: Yusuf Arief

NaikMotor – Suka hal berbau futuristik membuat Peterson Rivai berhasil memenangkan Honda Modif Contest 2016 Kelas Matic Nasional. Kini, saat ditantang menuangkan idenya di Honda Dream Ride Project, ia kembali menghadirkan motor bertema masa depan, Future Sport Bike CBR250RR

“Dari dulu saya memang tertarik dengan hal yang berbau masa depan, termasuk untuk motor. Makanya saya bikin Konsep Future Sport Bike karena saya suka berhayal tentang motor masa depan,” buka pria yang suka film fiksi tersebut kepada NaikMotor.com.

Tidak tanggung, untuk mendukung tampilan Konsep Future Bike, punggawa Zone Modified Project asal Bandung ini membuat sendiri hampir semua detil yang menempel. Mulai dari fairing, body ligth, pelek, fork depan, lampu depan, stop lamp, dan lampu sein di ujung tuas rem.

Spion diganti kamera dan dapat dilihat di layar LCD 3,5 inci di instrument cluster. Sein depan ada di ujung tuas rem. Foto: Yusuf Arief

Kesulitannya kata Peterson yakni menyatukan konsep secara keseluruhan. Sebab Honda memberi syarat harus ada ciri motor standar. Pilihannya ada dua, tangki dan headlamp (fairing). Kalau ganti tangki maka tidak boleh mengubah headlamp dan sebaliknya.

“Paling sulit bikin girder depan. Setelah itu baru memadukan konsep disain secara keseluruhan, antara tangki, girder dan fairing. Sebab tangki gak boleh diubah. Saya pilih tangki karena kalau pakai headlamp standar bakalan tidak cocok dengan konsep,” katanya.

Future Sport Bike CBR250RR, Sebuah Khayalan Masa Depan
Konsep Future Sport Bike karena suka berhayal tentang motor masa depan. Foto: Yusuf Arief

Bodi sudah ‘matching’ kini giliran menyesuaikan tinggi air suspension. “Kalau orang lihat pertama kali bilang itu terlalu pendek emang bisa jalan? makanya kita pakai air suspension ini. Mengatur tinggi rendahnya yang sulit supaya pas dengan proporsi bodi,” katanya.

Setelah tiga bulan, Konsep Future Bike akhirnya rampung dan diperkenalkan di Jogyakarta. Meski demikian, Peterson mengaku masih ingin lebih. “Secara disain saya puas, tapi masih ngerasa ada yang kurang sih di detailnya. Ya karena kendala waktu sebetulnya,” pungkasnya.(Agl/NM)

Spesifikasi Honda CBR250RR by Zone Modified Project Bandung

Ban depan: Pirelli 120/70-17
Ban belakang: Pirelli 150/70-17
Front rim: Custom
Rear rim: Custom
Girder: Custom
Front shock: Phenumatic Festo Custom
Rear shock: Phenumatic Festo Custom
Front Selenoid: Airtac
Rear Selenoid: Airtac
Compresor: SMC
Air Suspension line: SMC
Naple airsuspension: SMC
Full Body: Fiber Custom
Body light: Led Custom
Headlamp: Projector custom
Stoplamp: Infinity led custom
Muffler: Custom
Handle Brake + Front Blinker: Custom
Master brake: KRS
Master clutch: KRS
Front caliper: Brembo
Discplate: Buell custom
Front Brake Line: TDR
Rear caliper: Nissin
Mirror : CCTV + LCD
Sitter: Custom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here