Motor Legendaris Evel Knievel Dilelang, Harga Mulai Rp 1,1 Miliar

0
Evel Knievel
Motor legendaris yang dipakai Evel Knievel akan dijual oleh rumah lelang Profiles History Hollywood Auction. Foto: Istimewa.

NaikMotor – Motor legendaris yang dipakai Evel Knievel akan dijual oleh rumah lelang Profiles History Hollywood Auction 27 Juni mendatang. Motor Harley- Davidson itu diperkirakan bakal terjual USD 80 ribu-120 ribu atau sekitar Rp 1,1-1,6 miliar.

Tentu harga tersebut bukan perkara besar jika melihat latar belakang Evel Knievel, sang stuntrider kebanggaan Amerika Serikat. Namun motor yang dilelang ini ternyata bukan motor yang dipakai saat ia beraksi, melainkan yang dipakai di filmnya.

Asal usul motor ini dikatakan merupakan salah satu H-D Sportster 1976 yang digunakan Knivel di film yang dibintanginya sendiri, Viva Knievel! yang rilis tahun 1977. Kemungkinan motor ini merupakan buah tangan Bud Ekins, yang saat itu ditunjuk membuat motor.

Kemungkinan tersebut makin kuat sebab motor yang dipakai beraksi untuk ‘terbang’ biasanya adalah H-D XR-750. Motor yang disebut Knievel sebagai motor yang sangat mengerti dirinya saat tengah beraksi, dan salah satu motor dengan tampilan paling indah.

Meski bukan motor asli yang dipakai Knievel, motor ini tetap merupakan karya yang indah dan punya sisi histori tinggi. Sebab Knievel merupakan ikon Amerika Serikat sebagai simbol penantang maut. Sosoknya berdiri sejajar dengan Elvis Presley sebagai budaya pop yang kuat.

Sekilas mengenai Evel Knievel, lahir dengan nama Robert Craig Knievel Jr pada 17 Oktober 1938. Selama karirnya, ia melalukan aksi lompat jauh pakai motor sebanyak 75 kali. Termasuk melompati ngarai Snake River Canyon tahun 1974 menggunakan roket bertenaga uap dan gagal.

Knievel dinobatkan masuk dalam Motorcycle Hall of Fame pada tahun 1999. Dia meninggal karena penyakit paru-paru di Clearwater, Florida pada tahun 2007 saat berusia 69 tahun. Hingga saat ini warisannya sebagai pelompat motor jauh masih dihargai oleh penerusnya.(Agl/NM)

LEAVE A REPLY

*