Motor Baru Harley-Davidson Street Rod yang Lebih Lincah

0
Harley-Davidson Street Rod Yang Lebih Lincah
Harley-Davidson Street Rod 750 berdimensi lebih kompak. Foto: Harley-Davidson

NaikMotor – Pabrikan cruiser dari Milwaukee, Amerika Serikat memperkenalkan Harley-Davidson Street Rod yang lebih lincah ketimbang model Street 750 pendahulunya.

Pasalnya meski menggunakan basis Street 750 tetapi Street Rod dibekali mesin yang lebih bertorsi dan dimensi jarak sumbu roda lebih pendek. Bekal yang ditujukan untuk memudahkannya berkelit di jalanan kota.

Harley-Davidson Street Rod Yang Lebih Lincah
Harley-Davidson Street Rod dengan wheelbase lebih pendek 10mm. Foto: Harley-Davidson

Harley-Davidson (H-D) Street baik yang 500 cc maupun 750 dihadirkan oleh pabrikan di Milwaukee itu untuk menyasar pasar potensial di kawasan Asia, sekaligus sebagai entry level H-D.

Sementara H-D Street Rod memiliki mesin 749 cc High Output Revolution X V-Twin yang menghasilkan torsi 65 Nm @ 4.000 rpm, lebih tinggi daripada Street 750. Torsi tinggi dihasilkan mesin yang kini memiliki rasio kompresi yang lebih tinggi dengan 12:1, sedangkan pada Street basis 11:1.

Harley-Davidson Street Rod Yang Lebih Lincah
Harley-Davidson Street Rod bermesin dengan torsi dan rasio kompresi lebih tinggi daripada Street 750. Foto: Harley-Davidson

Sementara dimensinya diperkecil, misalnya panjang keseluruhan lebih pendek 85mm, dan jarak sumbu roda lebih pendek 10mm. Sedangkan, suspensi depan upside down 43 mm yang baru dan shockabsorber gandanya kini bertravel lebih panjang. Sepertinya selain menyasar kelincahan untuk bermanuver sekaligus kenyamanan lebih baik.

Ubahan itu meliputi pula penggunaan ban yang lebih lebar 120/70 di bagian dan 160/60 di bagian belakang. Hanya saja kini bobotnya jadi bertambah 5 kg menjadi 238 kg.

Harley-Davidson Street Rod Yang Lebih Lincah
Harley-Davidson Street Rod dengan instrumentasi elektronik dan spion bar-end. Foto: Harley-Davidson

Beberapa fitur kini telah lebih baik, seperti spidometer elektronik dengan bezel 3,5 inci, lampu-lampu indikator untuk lampu jauh, posisi gir Netral, tekanan oli, sein, engine diagnostics, peringatan bensin sudah tipis.

Harley-Davidson Street Rod yang lebih lincah itu dipasarkan dengan harga sekitar Rp 116 juta di Amerika Serikat. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY