Kencan Singkat Bersama Kymco Racing King 150 Fi, Penantang Vario?

0
Kymco Racing King 150 Fi
Impresi awal skuter kelas 150 cc ini cukup menarik. Meski secara harga dekat NMax, namun rasanya malah berhadapan dengan Honda Vario 150 Fi. Foto: Gilang

NaikMotor – Usai merasakan kenyamanan Kymco Downtown 250i, kini saatnya mencicipi Kymco Racing King 150 Fi. Impresi awal skuter kelas 150 cc ini cukup menarik. Meski mulanya diprediksi hadir mencari celah Yamaha NMax, namun rasanya justru berhadapan dengan Honda Vario 150 Fi.

Namun sebelum ke arah sana, ada baiknya memperhatikan detail Racing King 150 Fi. Dari tampang jelas Kymco coba menghadirkan skutik beraura agresif. Meski harus diakui, bentuk headlamp besar ini sedikit tertinggal jaman. Modelnya mirip-mirip skutik Taiwan era 90’an akhir.

Beruntung bentuk ‘kepala’ di stang sudah moderen. Kymco memberi tambahan lampu day time running light (DRL) LED berbentuk bumerang. Lengkap dengan lampu sein terintegrasi bentuk bulat warna kuning, dan di tengah kepala tersebut ada lubang yang ditutup cover warna hitam.

Sales Kymco di area test ride IIMS 2017 menyebut cover hitam itu bisa dibuka dan ditaruh action camera. Tujuannya kata dia, “Karena ini buat motor balap, jadi disediakan tempat buat taruh kamera,” ucapnya berpromosi.

Sama seperti Downtown 250i, letak tangki bensin bukan di bawah jok. Untuk Racing King 150 Fi tutup tangki berada di saku kiri bagian dalam dek. Kegiatan isi bensin jadi lebih mudah karena tidak perlu turun dan membuka jok. Tutup bensin pun bisa dibuka dari rumah kunci kontak.

Cukup soal eksterior, saatnya duduk di jok. Hal yang pertama dirasakan yakni ruang pijakan kaki lumayan lega. Jarak antara jok dan dek sebesar 280 cm. Buat pengendara dengan tinggi 173 cm, kaki masih lega tidak mentok ruang penyimpanan di saku dek.

Balik ke soal di atas, kenapa justru dengan Vario 150 Fi? sebab, walaupun memakai kaki-kaki bantet dengan pelek ukuran 12 inci, motor dengan perbandingan kompresi 11:1 ini punya torsi melimpah. Area test ride IIMS 2017 yang terbatas itu pun seakan jadi penghalang merasakan performanya.

Selongsong gas diputar motor langsung ngacir. Respon gas dan tenaga sama baiknya. Keunggulannya meski responsif tapi tidak menyentak di kecepatan rendah. Kymco mengatakan hal ini karena sudah mengadopsi Variable Air Control System (VACS). Teknologi yang membatu intake mengontrol asupan udara dan memaksimalkan bahan bakar.

Soal handling, motor ini enak diajak meliuk. Meski ruang test ride kecil, Kymco Racing King 150 Fi mudah untuk putar balik dan zig-zag. Kymco bahkan mengklaim motor tetap nyaman dibawa belok sampai tingkat kemiringan 37 derajat. Sudut yang cukup untuk bikin ‘cabe-cabean’ nyusruk saat rebah di belokan.

Kymco Racing King 150 Fi akan meluncur bersama tiga model lain Juli mendatang berstatus CBU Taiwan. PT Smart Motor Indonesia (SMI) agen pemegang merek Kymco di Indonesia bakal melepas dengan harga Rp 33,8 juta. Nah, meski menjadi penantang Vario, namun harganya malah mendekati NMax.. Jadi gimana dong?(Agl/NM)

LEAVE A REPLY

*