Brough Superior SS100 Dihidupkan Lagi Setelah 7 Dekade Punah

0
Brough Superior SS100 Dihidupkan Lagi

NaikMotor – Brough Superior menjadi merek yang dicari para penggemar sepeda motor vintage atau klasik saat ini. Untungnya, kini Brough Superior SS100 dihidupkan lagi setelah 7 dekade punah.

Albert Castaigne, Executive Director of Brough Superior Motorcycles, mengatakan SS100 akan diproduksi kembali tetapi dalam sentuhan moderen. Dan Brough Superior Motorcycles yang di bawah kendalinya telah dua tahun terakhir merancang untuk reinkarnasi model yang pernah popular di zamannya. Albert bahkan sesumbar akan dihasilkan 1 unit SS100 per hari.

Brough Superior SS100 Dihidupkan Lagi

Pada 1920 hingga 1930 Brough Superior dikenal sebagai produk eksklusif, inovatif dan berperforma tertinggi di masa itu. Setelah 70 tahun lalu ditutup, mereka akan kembali dengan sosok sepeda motor yang berbeda.

Seperti pada bagian pengereman dengan produk terkini, menggunakan buatan Beringer 4D. Sistem yang dilengkapi cakram ganda itu memiliki kaliper 4 piston di bagian depan dan bagian belakang cakram tunggal. Selain itu juga penggunaan pelek bukan lagi jari-jari tetapi cast wheel.

Sedangkan rangka berbahan aluminium yang dilengkapi subframe berbahan titanium, sehingga meski tampak kaku tetapi ringan. Sementara suspensi dengan yang dulu bermodel girder kini diganti dengan struktur lebih moderen. Albert menjelaskan, ” Suspensi yang diterapkan itu adalah double triangle fork system. Sistem ini akan lebih presisi dalam pengendalian dan tidak terpengaruh dari sistem pengereman, sehingga saat mengerem tidak terjadi gejala diving. Sementara bagian belakang menggunakan swingarm aluminium cast yang ditautkan pada crankcase mesin bukan rangka serta dilengkapi dengan monoshock adjustable.”

Brough Superior SS100 Dihidupkan Lagi

Pada zaman dahulu, mesin mampu memacu SS100 hingga kecepatan 160 km/jam, kecepatan luar biasa yang tak pernah dicapai sepeda motor apapun. Sesuai dengan warisan itu kini mesin V-Twin berkapasitas 1.000 cc mampu menghasilkan 130 daya kuda dan torsi 119 Nm.

SS100 reinkarnasi itu dilengkapi ban ukuran 18 inci dengan kembangan semi kasar agar mampu menjelajah rute-rute sulit selain aspal, seperti kondisi jalan pada masa lalunya.

Brough Superior SS100 Dihidupkan Lagi

Tetapi ciri khas seperti tangki mengkilat dan membulat masih dipertahankan seperti pendahulunya satu abad lalu.

Brough Superior SS100 dihidupkan lagi memiliki berat 200 kg itu dipasarkan dengan harga sekitar Rp 557 juta di Inggris. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*