Brough Superior SS 100 Termewah di Jamannya

2
Brough Superior SS 100

Brough Superior SS 100
Brough Superior SS 100 menjadi motor paling eksklusif pada jamannya. Foto: Brough Superior Motorcycles

Nottingham (naikmotor) – Inggris memiliki pabrikan otomotif yang bernilai eksotis dan prestise, seperti Rolls-Royce, Bentley hingga Jaguar. Produk sepeda motornya pun tak mau kalah. Seperti model Brough Superior yang melegenda dengan Brough Superior SS 100.

Diproduksi sesuai dengan keinginan konsumennya, bahkan stangnya pun bisa berbeda desainnya. Sehingga diibaratkan Brough Superior SS 100 itu seperti Rolls-Royce-nya sepeda motor. Karena tiap unit diproduksi secara individual dan sangat diperhatikan detailnya, serta mesinnya berperforma tinggi.

Brough Superior SS 100 sepanjang masa produksinya antara 1924-1940 hanya diproduksi rata-rata 60 unit saja per tahunnya. Dan harganya pada 1925 sekitar Rp 149,6 jutaan dengan nilai uang sekarang. Itu dikarenakan selain diproduksi secara individual berdasarkan pesanan, juga menjadi model pertama yang saat produk final harus melalui check tolerance, lalu dibongkar untuk penyesuaian akhir, melalui pelapisan nikel dan kemudian dirakit kembali.

Selain itu, model tourer eksekutif itu mampu melesat hingga kecepatan 160 km/jam, bahkan pabrikan memberikan jaminan untuk itu. Padahal pada jamannya sepeda motor sport terkencang tak sampai 105 km/jam (Isle of Man TT 1925). Dan nilai historisnya adalah model SS 100 diproduksi diantara dua Perang Dunia, dan diketahui, Lawrence of Arabia pun menyukai model Brough Superior itu.

Meski demikian sebenarnya, model yang didesain George Brough itu tak menggunakan mesin dan transmisi buatannya sendiri. George lebih suka memilih mesin terbaik dan tercepat, serta meggabungkan dengan transmisi yang sesuai dengan performanya.

Produk antara 1924-1936 menggunakan mesin twin cam JAP V-twin (produk J.A. Prestwich), dan produk antara 1936-1940 menggunakan mesin buatan Matchless, masih V-Twin juga.

Produksi SS100 segera dihentikan ketika memasuki Perang Dunia kedua. Tetapi, uniknya pabrikan Brough Superior kemudian memproduksi mesin Merlin V12 untuk Rolls-Royce.

Namun usai PDII, pabrikan terpaksa ditutup karena George Brough merasa tak ada lagi mesin yang cocok untuk meneruskan produk Superiornya. (Afid/nm)

Spesifikasi Brough Superior SS100
Tahun Produksi :    1924–1940
Mesin V-twin OHV 50 derajat berpendinginan udara
Kapasitas 998 cc
Tenaga 45 daya kuda @ 5.000 rpm
Transmisi manual 3 percepatan, shifter tuas diopersikan tangan
Jarak sumbu roda 1.499mm
Kapasitas Tangki 18 liter

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY