Tes MotoGP Sepang Hari Ketiga: Vinales Tercepat, Repsol Honda Bangkit

2
Tes MotoGP Sepang Hari Ketiga: Vinales Tercepat, Repsol Honda Bangkit
Vinales menjadi pembalap tercepat pada tes MotoGP Sepang. Foto: Crash Media

NaikMotor – Rangkaian Tes MotoGP Sepang Hari ke-3 diakhiri dengan baik oleh Maverick Vinales yang berhasil membukukan waktu lap tercepat di hari terakhir, sekaligus rekor waktu lap terbaik sepanjang tiga hari sesi tes, Rabu (2/1).

Pembalap Movistar Yamaha itu melahap 72 putaran di hari ketiga tes, guna melakukan simulasi balapan. Waktu lap 1 menit 59,368 detik yang ia dapatkan pada lap ke-40 tidak mampu dikalahkan pembalap lain sampai penghujung sesi.

Peningkatan kecepatan Marc Marquez di hari terakhir terlihat sangat signifikan. Jika di hari pertama dan kedua ia tidak bisa menundukan waktu lap di bawah dua menit, kali ini Baby Alien mampu melumat Sirkuit Sepang, Malaysia dalam waktu 1 menit 59,506 detik.

Marquez juga menjajal knalpot dengan muffler lebih panjang dari ukuran yang biasa digunakan pada Honda RC213V miliknya. Agaknya Repsol Honda mencari alternatif untuk meningkatkan power di putaran bawah mesin yang sempat dikeluhkan juara dunia MotoGP tahun lalu tersebut.

Knalpot lebih panjang dipasang di motor Marc Marquez. Foto: Mat Oaxley
Knalpot lebih panjang dipasang di motor Marc Marquez. Foto: Mat Oaxley

Andrea Dovizioso bercokol di urutan keempat, lebih lambat 0,047 detik dari Marquez. Sedangkan pembalap Repsol Honda lainnya, Dani Pedrosa juga menampakkan kecepatan lebih baik dan berhasil menempati peringkat empat, menggeser Valentino Rossi.

Menyelesaikan sesi tes di peringkat lima menjadi hasil yang tidak buruk buat The Doctor. Ia berhasil meningkatkan kecepatannya , dan menembus waktu lap di 1 menit 59,589 detik, lebih cepat dari waktu lapnya di hari kedua.

Sementara itu, Jorge Lorenzo bisa bernafas lega setelah penampilannya pada tes hari terakhir  jauh lebih baik dari dua hari sebelumnya. Pembalap berusia 29 tahun itu juga berhasil menaklukan waktu putaran di bawah dua menit. Lorenzo lebih cepat 0,005 detik dari Johan Zarco yang membukukan waktu lap terbaik 1 menit 59,772 detik.

Duet Suzuki Ecstar, Andrea Iannone dan Alex Rins berturut-turut menempati urutan 11 dan 12. Hasil tersebut berarti positif buat Rins, sebab kecepatannya cenderung membaik. Sebaliknya, Iannone yang berstatus sebagai pembalap tercepat di hari kedua menurun performanya. Waktu 2 menit 0,045 detik, menjadi waktu tercepat yang ia dapatkan, lebih lambat 0,593 detik dari waktu lap terbaiknya di hari kedua. (Yudistira/nm)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY