Toby Price Tersungkur, Honda Banding Penalti Joan Barreda di Stage 4

2
Toby Price tersungkur
Joan Barreda harus menerima hukuman penalti satu jam di stage 4 Dakar 2017. Foto: Honda

NaikMotor – Tengah ‘on fire’ menjelang finis, pereli dari KTM Red Bull Factory Team, Toby Price tersungkur  di stage 4 Dakar Rally 2017. Insiden ini membuatnya tersingkir dari perebutan gelar tahun ini. Joan Barreda yang punya kans untuk meraih gelar malah kena penalti.

Kamis (5/1/2016) merupakan hari yang sial bagi Toby Price, sang jawara bertahan Reli Dakar tahun lalu. Di saat dirinya mulai menemukan performanya di stage 4 setelah kurang beruntung di etape sebelumnya, malah mengalami insiden. Rute dari San Salvador de Jujuy Argentina ke Tupiza Bolivia membuatnya tampil beringas hingga sungai yang membuatnya berhenti dari arena pertempuran.

Apesnya lagi, Price saat itu tengah memimpin setelah menyalip pesaing utamanya dari Honda, Joan Barreda dan 45 km lagi menjelang finis. Sayang, ia malah tersungkur di sungai saat kecepatan di atas 90 km/jam dan membuat paha kirinya harus dioperasi.

toby_price_out_dakar

Solidaritas antarpereli sangat terasa di Dakar,mengenyampingkan aroma kompetisi ketika di antara mereka bermasalah. Mereka tak segan ikut membantu Toby Price termasuk Matthias Walkner rekan setimnya yang akhirnya menjadi kampiun di etape empat saat masuk Bolivia.

Joan Barreda (Monster Energy Honda Team) yang digadang-gadang menjadi kandidiat kuat juara Dakar tahun ini seharusnya finis di urutan kedua . Namun Barreda terkena penalti satu jam karena diketahui mengisi bahan bakar di daerah terlarang. Bukan hanya Barreda, barisan Honda lainnya yakni  Michael Metge, Paulo Goncalves, Ricky Brabec, Franco Caimi dan  Pedro Bianchi Prata semuanya mendapat hukuman satu jam akibat kejadian tersebut.

Honda dikabarkan akan mengajukan banding atas keputusan tersebut yang membuat Barreda terperosok ke urutan 32 di stage empat dan harus puas di posisi ketujuh klasemen. (Arif/nm)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

*