Modifikasi Yamaha R1M WSBK ‘Lucky Number 13’

1
Modifikasi Yamaha R1M WSBK 'Lucky Number 13'
Modifikasi Yamaha YZF-R1M WSBK karya One 3 Motoshop. Foto: Istimewa

NaikMotor – Motor istimewa dengan balutan aksesori berkelas menjadi ciri dari modifikasi Yamaha R1M WSBK Lucky Number 13 milik Benny Saputra dari One3 Motoshop.

Yamaha YZF-R1M tergolong motor istimewa karena dirancang istimewa dengan mengambil teknologi MotoGP untuk diterapkan di motor produksi serta dijual terbatas di Indonesia. Apa jadinya bila dimodifikasi lagi?

Bermula dari rasa penasaran untuk mengubah tampilan motor yang ditebus seharga 645 juta rupiah, Benny mulai memasang aksesori bermerek. Selain untuk mempercantik tampilan, beberapa part dipilih untuk menunjang performa motor.

yamaha_r1m_one3_2

Dalam memodifikasi motornya, pemilik bengkel One3 Motoshop yang berlokasi di bilangan Tangerang, Banten itu tidak melakukan perubahan ekstrem. Nyaris semua komponen dipasang plug n play tanpa pengerjaan yang rumit.

“Aksesori dipasang plug n play, sehingga pengerjaannya lebih mudah, dan tidak ada bagian motor yang harus dikorbankan saat modifikasi,” terang Benny.

yamaha_r1m_one3_4

Salah satu yang menarik perhatian dari Yamaha R1M milik pria beranak satu itu, yakni bodi balapnya. Ia mengaku mendatangkan bodi Carboni, terbuat dari material Avio Fibre itu langsung dari Slovenia. Usut punya usut, bodi tersebut digunakan di motor Yamaha World Superbike.

“Bodi saya datangkan dari Slovenia, sementara bodi aslinya disimpan. Dengan bodi ini motor lebih ringan dan aura balapnya semakin terlihat,” bangga Benny.

yamaha_r1m_one3_12

Motor yang sempat tampil di Final Yamaha Sunday Race 2016 lalu juga menggunakan pelek OZ, yang umum digunakan pada motor balap. Meski bobotnya ringan, pelek tersebut tetap kokoh. Dibalut dengan ban Pirelli Supercorsa, pelek OZ menunjang kemampuan bermauver motor.

“Pelek lebih ringan dibandingkan bawaan standar pabrik. Handling jadi lebih enteng pakai pelek ini,” ungkap Benny.

Soal nomor 13 di fairing motornya, Benny mengatakan bahwa 13 bukanlah angka sial justru menjadi keberuntungan buat Benny.

“Angka 13 bisa juga disebut One Three nama bengkel saya, selain itu juga kalau digabung menjadi huruf B sebagai inisial nama depan saya ” pungkas Benny. Lucky Number 13 (Yudistira/nm)
Data modifikasi Yamaha YZF-R1M
Ban depan : Pirelli Supercorsa SC2 120/70-17
Ban belakang : Pirelli Supercorsa SC2 200/55-17
Pelek : OZ Racing GAS RS-A silver titanium
Footstep : R&G
As roda depan : R&G
Setelan rantai : Lightech Racing
Lever hand guard : Lightech Racing
Frame slider : R&G
Engine cover : R&G
Radiator guard : R&G
Tankpad : R&G
Bodi : Carboni
Filter : BMC
Knalpot : Austin Racing GP1R
Handle : Galespeed
Handle kopling : Accosato
Winshild : Zero Grafity
Bengkel : One3 Motoshop

Jalan Boulevard Raya Plago Ruko Mendrisio No.17 Paramount Serpong, Bl. B, Cihuni, Kec. Tangerang, Tangerang, Banten  Tlp. 021 2222 2610 /  0818 0830 0065

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*