Pereli Wanita Rusia Batal Ikut Reli Dakar 2017 Karena Doping

0
Pereli Wanita Rusia Batal Ikut Reli Dakar 2017 Karena Doping
Pereli Wanita Rusia Anastasiya Nifontova. Foto: rallystar

NaikMotor – Pereli wanita Rusia batal ikut Reli Dakar 2017 karena doping. FIM secara resmi telah membatalkan keikutsertaan pereli wanita Rusia Anastasiya Nifontova dalam Dakar Rally 2017.

Nifontova tak bisa mengikuti reli terganas itu karena kasus doping pada event sebelumnya. Padahal reli Dakar 2017 itu akan menjadi debut pertama bagi pereli sepeda motor wanita dari Rusia tersebut.

Dalam pernyataannya, FIM menyebutkan Nifontova telah gagal tes doping, karena mengkonsumsi meldonium. Pereli Rusia tersebut mengkonsumsi obat penambah stamina saat Cross Country Rallies World Championship di Maroko beberapa waktu lalu.

Nifontova ditetapkan telah melanggar FIM Anti-doping Code articel 7.9.3.2 dan karenanya dilarang mengikuti berbagai event motorsport sejak 14 November 2016. Serta telah mencabut One Event International Licence sebagai tanda keikutsertaannya dalam Reli Dakar 2017 tersebut.

Padahal sebelumnya Anastasiya Nifontova telah diumumkan akan bergabung dengan tim HT Husqvarna Rally Team dalam Dakar Rally 2017, untuk mengikuti kelas 2.1. Super Production. “Saya akan berlomba sekuatnya, dan meraih 3 besar,” ujarnya ketika diumumkan resmi sebagai bagian dari tim sebelum kasusnya merebak.

Padahal pereli sepeda motor berusia 37 tahun itu telah menjadi juara kedua pada 2014 dan 2015 Cross-Country Rally women’s world champion. Dan gelar juara kedua pada 2016 dalam kejuaraan yang sama telah dibatalkan.

Dalam sebuah wawancara dengan media, Nifontova telah mengakui penggunaan obat terlarang dalam dunia olah raga tersebut. Meldonium diketahui telah menyeret beberpa atlet Rusia lainnya seperti petenis dunia Maria Sharapova dan perenang Yulia Efimova karena penggunaan obat yang sama. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*