Toby Price Raih Kemenangan Ketiga di Etape Keenam Dakar Rally 2016

1
Toby-Price-Juara-Etape6-Dakar-Rally-2016
Toby Price sukses membawa KTM menjuarai etape keenam Dakar Rally 2016. Foto: Red Bull

Bolivia (naikmotor) – Etape keenam yang berlangsung pada Jumat (8/1/2016) di Dakar Rally (DR) 2016 jadi pembuktian ketiga Toby Price di DR tahun ini. Ia sanggup mengalahkan rival-rival terberatnya dan tampil sangat konsisten di akhir etape kelima.

Kali ini Price tak mengawali balapan dengan sempurna di trek yang terhampar di dataran tinggi Bolivia, yaitu Uyuni. Ini jadi rute terpanjang yaitu totalnya 723 km dan menyajikan special stage sepanjang 542 km, mengingat para peserta juga tetap mengitari lokasi yang sama seperti halnya etape San Salvador de Jujuy. Sebaliknya, pereli tim Honda Racing yaitu Paulo Goncalves justru langsung tampil afresif di awal etape.

Namun performa sempurna Price di akhir etape cukup mumpuni. Jaraknya dengan pereli yang berada di urutan kedua terpaut 2 km. Selisih waktu finisnya juga cukup besar, apalagi dengan Goncalves. Sehingga perlahan tapi pasti, Ia bisa mengejar posisinya di klasemen sementara peraih waktu tercepat.

“Pencapaian kami di trek ini cukup memuaskan. Tapi di awal etape saya mengalami masalah pada sistem navigasi, sehingga tak bisa tampil maksimal. Tenaga motor juga sedikit tereduksi, karena udara mulai menipis, pasokan oksigen ke sistem pembakaran berkurang. Tapi kondisi ini berlaku bagi semuanya, jadi tinggal menyiasatinya saja,” papar Price.

Matthias Walkner juga berhasil memberikan perlawanan terbaiknya setelah mendapatkan momentum terbaik sehari sebelumnya. Kemudian disusul oleh Goncalves di urutan ketiga dengan selisih 2 menit lebih dari pencapaian waktu finis sang pemenang etape ini.

Namun yang disayangkan adalah rekan setim Goncalves. Meski meraih dua kemenangan etape, namun Ia tak berdaya karena melakukan kesalahan dan terkena penalti waktu. Tapi basib nahasnya tak berhenti sampai disitu, pada etape keenam, Ia malah mengalami masalah teknis pada motornya. Sehingga pencapaian waktunya jauh dari pencapaian waktu dua pereli teratas. Bahkan di klasemen sementara pun, namanya sudah keluar dari posisi 10 besar. Padahal, Ia cukup diandalkan oleh tim Honda Racing meraih kemenangan musim ini. (Spy/NM)

Hasil lomba etape-6 Dakar Rally 2016:
1. Toby Price (KTM) AUS – 5:51:48
2. Matthias Walkner (KTM) AUT – 5:52:53
3. Paulo Goncalves (Honda) PRT – 5:53:00
4. Stefan Svitko (KTM) SVK – 5:56:32
5. Helder Rodrigues (Yamaha) PRT – 5:57:11

Klasemen sementara Dakar Rally 2016:
1. Paulo Goncalves (Honda) PRT – 20:23:07
2. Toby Price (KTM) AUS – 20:23:42
3. Matthias Walkner (KTM) AUT – 20:25:57
4. Stefan Svitko (KTM) SVK – 20:28:24
5. Pablo Quintanilla (Husqvarna) CHL – 20:38:17

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here