Suzuki Savage 650 Berubah Wujud Jadi Sepeda Motor Listrik

0
Suzuki Savage 650 Berubah Wujud Jadi Sepeda Motor Listrik
Suzuki Savage 650 2003 Jadi Sepeda Motor Listrik. Foto: mcn

NaikMotor – Builder Inggris telah mengcustom sepeda motor bermesin Suzuki Savage 650 berubah wujud jadi sepeda motor listrik. Memang dalam meng-custom tidak ada larangan hanya memanfaatkan 10% saja dari komponen bawaannya, termasuk mengganti mesin dengan motor listrik.

Seperti yang dilakukan oleh Nightshift Customs terhadap Suzuki Savage 2003, yang kini telah menjadi motor listrik. Builder asal Inggris itu benar-benar menghabisi sepeda motor Suzuki Savage 650 cc produksi 2003 yang hanya memanfaatkan rangka, dan suspensinya saja.

Suzuki Savage 650 berubahbwujud jadi sepeda motor listrik
Leafy Savage itu hanya menggunakan 10% basis Suzuki Savage 650 2003. Foto: mcn

Ubahan itu hanya menggunakan sisa 10% komponen Savage. Hasil customized itu dinamakan Leafy Savage seperti yang ditampilkan media MCN. Rangka Savage itu kemudian dijejali dengan motor listrik dan baterai.

Tak tanggung-tanggung battery pack itu diambil dari mobil listrik Nissan Leaf. Baterai Lithium-ion yang mampu menyalurkan listrik tegangan 116 V, kemudian disalurkan ke motor hub roda belakang yang berdaya puncak 30 kW, tetapi continous output nya cukup 10 kW saja. Motor hub itu produk Enertrac, produk yang biasanya digunakan oleh e-bike.

Suzuki Savage 650 berubah wujud menjadi sepeda motor listrik
Leafy Savage menyediakan koneksi charger langsung dari listrik rumahan. Foto: mcn

Sedangkan bekas posisi tangki bensin sekarang digantikan charger 3.000 Watt yang bisa dikoneksi ke jala-jala listrik rumahan. Di sana tersedia pula kabel yang cukup panjang untuk koneksi charger.

Suzuki Savage berubah wujud jadi sepeda motor listrik
Savage Leafy memanfaatkan Kelly Controller untuk mengatur keluaran daya motor. Foto: mcn

Sementara untuk pengaturan daya ke motor dikontrol oleh Kelly controller yang diletakkan di bawah jok. Pengaturan daya itu juga mudah dilakukan sesuai kebutuhan gaya berkendara.

Standar mode pengendaraan yang utama untuk pengendaraan kota, dengan mode kota Leafy akan sanggup menjelajah sejauh 160 km, sebelum baterai dicharge kembali. Untuk sekali charge hingga penuh, Leafy butuh 3 jam. (Afid/nm)

Suzuki Savage berubah wujud jadi sepeda motor listrik
Rangkaian controller pengatur daya baterai Leafy Savage di bawah jok. Foto: mcn

LEAVE A REPLY