Ini Keunggulan Aki Bosch yang Berisi Ultra Gel dan Bergaransi 2 Tahun

0
ultra gel
Bosch Ultra Gel tidak menggunakan cairan namun gel yang lebih padat dan tahan lama . Foto: Afid

NaikMotor –  Bosch baru saja menawarkan aki untuk sepeda motor dengan teknologi Ultra Gel, Selasa (29/11/2016). Aki jenis Maintenace Free (MF) tersebut tidak berisikan cairan elektrolit tetapi gel.

Apa keunggulan aki dengan gel? Tentunya  akan akan lebih tahan guncang daripada aki MF cairan elektrolit. Bahkan dalam kondisi terbalik atau case retak pun, aki masih berfungsi mensuplai energi listrik.

“Karena dengan gel, maka elektrolit tidak mudah tumpah (anti spill). Kelebihan itu didukung pula dengan wadah aki berbahan plastik keras ABS, ” terang Dedy Ismanto, Product Manager Automotive Aftermarket PT Robert Bosch.

Bosch ultra gelLebih lanjut Dedy Ismanto menerangkan, dengan elektrolit berbentuk ultra gel demikian maka penguapan pun akan rendah, tak seperti pada aki elektrolit cairan (basah) faktor penguapan yang besar mengharuskan penggunaannya sering mengisi kembali air aki (air demineral). Sehingga aki Bosch Ultra Gel tersebut benar-benar ‘bebas’ perawatan.

Sementara itu dengan penguapan rendah dan anti spill, maka aki pun tak akan mudah berkarat (kerak putih pada kutub) seperti pada aki basah. Karena saat terjadi penguapan air aki yang asam akan mudah menempel pada kutub yang berbahan timah yang membuatnya korosi.

Kerak yang timbul akibat korosi membuat listrik tak lagi mengalir dengan baik. Sehingga sepeda motor pun sulit dinyalakan dengan starter elektrik. Soal usia pakai Bosch Ultra Gel Battery diklaim lebih lama karena bahan gel dan separator antarsel berkualitas tinggi, ehingga tidak memudahkan terjadinya mikro self discharge.

bosch ultra gelBerbeda pada aki elektrolit atau MF lainnya, self discharge atau berkurangnya tegangan pada aki bisa terjadi meski aki sedang tidak digunakan, karena sesuai sifat cairan asam yang mudah meresap ke separator membuat tegangan berbeda antarsel.

Sehingga terjadi pengeroposan elektroda, yang rontokannya bisa membuat micro short circuit, kemampuan aki mensuplai listrik pun berkurang. Itu berarti listrik yang disimpan dalam Bosch Ultra Gel akan bertahan lama.

Tentu kondisi tersebut dibutuhkan oleh pengguna sepeda motor yang lebih sering memarkir sepeda motornya daripada menggunakannya. Seperti para ibu rumah tangga yang menggunakan sepeda motor hanya untuk antar jemput anak ke sekolah atau hanya ke pasar.

Baterai MF Bosch Ultra Gel diklaim memiliki sel khusus yang menjadi pengisian dengan arus tinggi akan tetap stabil, sebab densitas energi listrik yang disimpan semakin besar. Itu akan membuat aki mampu juga untuk mensuplai energi listrik dengan stabil. Sehingga siklus pengisian bisa lebih sering daripada aki biasa, kondisi yang sering terjadi pada pengguna sepeda motor jarak dekat tetapi sering seperti pengojek, dan kurir.

bosch ultra gel Sayangnya, PT Robert Bosch baru menawarkan satu tipe baterai ultra gel tersebut yakni RBTZ5S dengan rate 3,5 Ampere atau untuk kebutuhan sepeda motor jenis skuter matik kapasitas 110-125cc, seperti Beat, Mio, Address, Spin Scoopy, Vario 125. Sementara untuk model underbone/bebek 110-135 cc aki bisa digunakan model Absolut Revo, Jupiter Z, Supra X dan ZX130. Dan pada model roadster kapasitas 150cc seperti pada Verza 150, Byson dan Vixion. Atau sepeda motor yang biasa menggunakan aki kapasitas 3,5 Ah, berdimensi panjang 113mm, lebar 70 mm dan tinggi 85mm.

Untuk pendistribusian aki Ultra Gel tersebut, PT Robert Bosch menjalin kerja sama dengan jaringan Planet Ban. Selain itu, PT Robert bosch memberikan jaminan selama 24 bulan untuk setiap unit yang digunakan konsumen. Namun tentu itu akan tergantung syarat dan ketentuan yang berlaku. Seperti rutin melakukan pengecekan aki setiap 3 bulan di jaringan Planet Ban.(Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*