Tips Mengecek Kondisi Busi

1

Tips-Busi_1

Jakarta (naikmotor) – Mesin sepeda motor modern lebih mudah perawatannya karena lebih banyak sensor dan perangkat elektronik. Sepertinya perawatan pun akan lebih banyak diserahkan kepada bengkel atau mekanik yang terpercaya.

Tetapi sebenarnya, pemilik pun masih bisa memeriksa kondisi mesin dengan cara memperhatikan kondisi pada kepala busi. Jika kepala busi berwarna hitam, bisa dipastikan pembakaran yang terlalu kaya, atau bensin terlalu banyak. Dan jika disertai basah, maka telah terjadi kebocoran pada ring piston sehingga pelumas masuk ke ruang bakar.

Bila kepala busi putih kekuningan, menunjukkan pembakaran yang terlalu kurus, atau bensin yang terlalu sedikit. Apalagi jika disertai sering mengalami overheat, maka sistem bahan bakar perlu disetel ulang. Tentunya segeralah ke bengkel terpercaya untuk memperbaikinya, sebelum kerusakan menjalar ke komponen lain atau lebih parah.

Jika kepala busi terlihat tipis artinya terjadi keausan, perlu segera diganti. Biasanya ditandai dengan mesin yang sulit dinyalakan, kalaupun menyala ada gejala tersendat-sendat. Untuk pergantian busi, gantilah dengan yang direkomendasikan pabrikan. Atau paling mudah lihat kode yang tertera pada busi yang aus tadi untuk mencocokkan. (af/NM).

Tips-Busi_2

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here