10 Skuter Listrik GESITS Siap Jalani Uji Ekstrem

2
skuter listrik GESITS
Skuter listrik GESITS akan bersiap menjalani tes uji ekstrem mulai Oktober 2016. Foto: Dok.Garansindo

NaikMotor – Usai mendapat kunjungan rombongan Kedubes Amerika Serikat ke kampus ITS Surabaya, Selasa (4/10/2016), skuter listrik GESITS siap jalani uji eksterm.

GESITS (Garansindo Electric Scooter ITS), akan menjalani uji faktor keselamatannya dan konsumsi energi pertengahan Oktober 2016 ini. Sebelum menjalani uji ketahanan dan pengujian ekstrem.

“Sebanyak 10 unit GESITS tengah disiapkan untuk menjalani uji faktor keselamatan (kelistrikan) sesuai UN Regulation 136, dan ISO 13064-1 tentang konsumsi energi. Namun saat ini kedua pengujian itu hanya bisa dilakukan di Belgia, selain belum tersedia alat uji dalam negeri, agar GESITS kelak bisa diekspor,” ujar Dr. Nur Muhammad Yuniarto, kepala badan pengembangan mobil listrik nasional, ITS Surabaya dalam pesannya kepada NaikMotor.

“Selanjutnya, awal Nopember 2016, sebanyak 2 unit Gesits lainnya akan diuji durability dan uji ekstrem. Kedua Gesits akan dijalankan dari Jakarta menuju Denpasar, sejauh 3.000 km nonstop pp. Dan dalam pengujian ekstrem, GESITS harus mampu bertahan di kondisi medan berat, seperti menanjak dan menurun serta banjir,” lanjutnya.

Agar laik jalan dan siap memasuki tahap preseries dan mass production, GESITS memang harus menjakani berbagai pengujian seperti uji laboratorium, uji jalan, uji performa, uji durability, dan pengujian ekstrem. Berbagai pengujian itu diharapkan selesai pada pertengahan 2017, sehingga bisa diidentifikasi komponen-komponen yang akan diproduksi suplier nantinya untuk mass production. Sehingga pada 2018, produk sudah bisa dinikmati konsumennya sebagai sepeda motor tanpa emisi itu.

Saat kunjungan rombongan Kedubes AS,  Brian McFeeters, Deputy Chief of Mission US Embassy for Indonesia menyatakan, “Saya berterima kasih atas kesempatan ini, bisa berada di antara tim yang bekerja keras mewujudkan sepeda motor listrik. “

gesits-dubes-as

“Kunjungan Kedubes AS ke GESITS ini menunjukkan bahwa teknologi sepeda motor listrik buatan anak bangsa menjadi perhatian sampai ke luar negeri,” ungkap Muhammad Al Abdullah, Chief Executive Officer Garansindo Group. “Secara global, teknologi listrik merupakan teknologi yang akan mendorong dunia industri otomotif ke depan. Kami sangat bangga dengan apa yang telah dicapai oleh siswa ITS yang berbakat.” (rls/Afid/nm)

Spesifikasi GESITS
Motor listrik 5 kw
Baterai 50 V, 40 AH
Jarak tempuh 85-100 km
Kecepatan Maks 110 km/jam
Konsumsi energi 50 kw
Penggerak akhir sabuk
Sasis Tubular

Dimensi
Panjang 1.910 mm
Lebar 695 mm
Tinggi 1.110 mm

Berat total
120 kg
Kapasitas angkut
150 kg

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY