Michelin Mewaspadai Karakter Trek Abrasif di MotoGP Aragon

1
MotoGP aragon
Michelin mempersiapkan seluruh kompon bannya menjelang MotoGP Aragon. Foto: Michelin

Michelin Waspadai Karakter Trek Abrasif di MotoGP Aragon

NaikMotor – MotoGP Aragon, Spanyol yang bakal berlangsung akhir pekan ini (25/9/2016), bakal jadi tantangn tersendiri bagi pemasok ban di kelas MotoGP yaitu Michelin. Pasalnya ini adalah kali pertama mereka menyambangi sirkuit dengan karakter natural dan flowing itu.

Beberapa tim bahkan tim manufaktur memang beberapa waktu lalu sudah melakukan pengetesan bersama tim Michelin, namun untuk sesi balapan karakter Aragon biasanya sukan memberikan kejutan. Tapi dari ekspektasi awal Michelin, sirkuit ini sangat teknikal dari sisi karakter dan abrasif di permukaan lintasannya.

Untuk itu Michelin membawa hampir paket ban yang mereka miliki untuk bagian depan (simetris). Sementara untuk bagian belakang, mereka memasok ban yang bahu sebelah kirinya lebih keras ketimbang bahu sebelah kanan. Ini karena Sirkuit Aragon memiliki arah melawan arah jarum jam dengan jumlah 10 tikungan ke kiri. Sementara tikungan ke kanan hanya berjumlah 7.

Kompon ban belakang yang bakal mereka pasok adalah tipe medium-lunak dan keras-medium. Sementara untuk tipe sirkuit basah, Michelin membawa ban lunak dan medium. Adapun tipe ban untuk kondisi campuran seperti yang terjadi di Brno, Ceko adalah ban kompon intermediate. Ini diperuntukkan saat kondisi trek tidak terlalu basah dan ada kemungkinan untuk berada dalam kondisi setengah kering namun temperatur masih rendah.

“Ini adalah tantangan baru bagi kami. Meski kami sudah melakukan pengetesan tahun lalu bersama pembalap utama, namun kondisinya akan tetap berbeda. Tapi setidaknya kami punya basis informasi yang bakal membantu untuk memberikan pilihan lebih baik ke para pembalap,” papar Piero Taramasso, Manager 2W Motorsport, Michelin Group dalam rilis resminya.

Dari hasil survei kami sebelumnya, lanjut Taramasso, sirkuit ini juga sangat tidak bisa diprediksi dari sisi kondisi cuaca dan temperatur udara. “Dari prediksi awal kami, kondisi cuaca di sesi latihan pagi bakal berbeda signifikan dengan siang. Makanya kami membawa kompon yang keras untuk mengatasi segala kemungkinan.” (Spy/NM)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY