Ini Beberapa Hal yang Wajib Dipahami Offroader di IOX Joli 2016

1
IOX-Java-2015-H12q
Mengikuti ekspedisi ekstrem IOX JOLI 2016 membutuhkan persiapan prima termasuk mengemas perlengkapan yang sesuai kebutuhan. Foto: Dok.NMC

Jakarta (naikmotor) – Indonesia Offroad eXpedition (IOX) Jogjakarta – Bali (Joli) 2016 garapan IOX Adventure Club akan dipentas 13 – 28 Februari 2016 sebagai salah satu event offroad terpanjang di Indonesia.

Perlu dipahami bahwa format IOX adalah extreme expedition, berbeda dengan kebanyakan event pada umumnya, di mana selama perjalanan ekspedisi hanya akan bermalam di jalur atau basecamp.

Selama 16 hari perjalanan IOX akan dihadapkan pada medan berupa tanah pegunungan, pasir serta batu cadas pantai, menempuh setidaknya 1.700km.  Kemampuan fisik, stamina dan riding skill memang diperlukan, tapi yang lebih penting adalah bagaimana mengontrol emosi dan mental.

“So, it’s a test of mental over matters!  Itulah sebabnya setiap calon peserta baru wajib mendapatkan rekomendasi dari setidaknya 2 orang peserta lain yang pernah ikut pada event IOX sebelumnya,” tukas Teddy Wibowo, kordinator IOX Dirt Bike.

Di IOX tidak ada fasilitas.  Setiap peserta akan mendapatkan selain GPS Map dari hasil survey team yang dilakukan selama 1 bulan, juga ada road book (tulip), lalu atribut IOX berupa kemeja resmi, 2 jersey, 2 tshirt dan sertifikat/plakat, asuransi dan fasilitas medik selama perjalanan ekspedisi.

IOX-Java 2015 H11
IOX-Java 2015 H11

“Semua peserta adalah juga bagian dari kepanitiaan, artinya panitia hanya akan memberikan arahan-arahan dan peserta harus bisa mandiri dalam segala hal selama perjalanan ekspedisi ini berlangsung,” tambah Teddy.

Posisi lokasi Basecamp dirtbike IOX JOLI 2016:

BC1 : Candi borobudur
BC2 : Kali Adem
BC3 : Gunung Popok
BC4 : Waduk Gajah Mungkur
BC5 : Pantai Pelang
BC6 : Pantai Sine
BC7 : Kota Batu
BC8 : Tumpang
BC9 : Pantai Ngerawan
BC10 : Kebun Teh Kertonowo
BC11 : Silosanen
BC12 : Wadung
BC13 : Pantai Kampe
BC14 : Bendungan Palasari
BC15 : Kintamani

Semua Basecamp bisa diakses oleh service car, ini artinya peserta tidak perlu repot membawa banyak barang ketika kita riding setiap harinya. “Cukup minuman, makanan/camilan untuk hari itu, pakaian salin (just in case) dan recovery items seperti tools dan parts motor yang dianggap perlu serta tali webbing yangg ada hook-nya,” ungkap Teddy.

Kuncinya adalah atur perlengkapan yang dibawa riding sesuai rencana perjalanan harian, dan disinilah pentingnya menyimak briefing perjalanan setiap pagi. Sementara perlengkapan dan logistik lainnya cukup disimpan di service car. “Untuk makanan dan minuman tidak perlu disiapkan full 16 hari, cukup untuk 4-5 hari dan kita bisa reload di perjalanan,” pungkas Teddy. (Arif/nm)

IOX-Java 2015 H8
IOX-Java 2015 H8

1 COMMENT

LEAVE A REPLY