Tips Berkendara Sepeda Motor Aman Jelang Liburan

1

Touring-Forwot-Cisarua-Oktober-2015_lead
Jelang musim libur akhir tahun tiba, persiapkan diri Anda agar berkendara sepeda motor dengan aman. Foto: Forwot

Jakarta (naikmotor) – Menjelang akhir tahun banyak yang sudah mempersiapkan diri untuk mengisi liburan, tak terkecuali pengguna sepeda motor.

Berikut tips agar liburan akhir tahun dengan bersepeda motor menjadi menyenangkan:
1. Ketahui batasan, sepeda motor sebagai moda transportasi hanya efektif untuk jarak kurang dari 200km. Hanya untuk dimuati tak lebih dari 2 orang saja, dan barang bawaan kurang dari 30 kg. Pastikan kondisinya prima.

2. Gunakan gear riding yang lengkap, pengendara sepeda motor berhadapan langsung dengan lingkungan saat berkendara, tidak seperti mobil yang masih dilindungi panel bodi dan rangka. Maka gunakan perlengkapan berkendara lengkap, seperti helm standar SNI, jaket penahan angin, sepatu tertutup, dan sarung tangan. Lebih baik lagi jika dilengkapi dengan pelindung tambahan, seperti body, knee, dan elbow protector. Jangan lupa jas hujan model dua potong terpisah antara jaket dan celana.

3. Perhatikan stamina dan istirahat cukup, istirahatlah selama 15 menit, setiap setelah dua jam berkendara. Perhatikan juga asupan gizi dan air agar stamina dan konsentrasi berkendara tetap prima.

4. Usahakan berkendara di hari yang terang, sebab berkendara malam hari butuh konsentrasi lebih besar daripada siang hari. Selain itu menurut catatan Komisi Perhubungan DPR-RI, kecelakaan lalu lintas lebih sering terjadi di malam hari (13,4%) dibandingkan siang hari (10,3%).

5. Berkendaralah dengan posisi duduk yang nyaman. Posisi duduk nyaman, jika titik berat tubuh tidak bertumpu seluruhnya pada tangan. Tangan dan kaki mudah untuk bereaksi saat berkendara, mudah mengontrol laju motor. Tidak membuat tubuh cepat lelah.

6. Jauhkan gadget, jangan sampai masa mengganggu konsentrasi berkendara. Periksalah gadget saat tiba di tujuan atau masa istirahat, hindari percakapan yang berat dan menguras emosi jika merespon panggilan telepon.

7. Nikmati perjalanan dan bersenang-senanglah, hindari berkendara agresif yang membahayakan diri dan pengguna lalu lintas lainnya. Sebab tujuan berkendara sambil berlibur, bukan? Saudara dan handai taulan menunggu di kampun halaman atau rumah, dengan harapan Anda tiba dengan selamat. (rls/Afid/nm) Diolah dari berbagai sumber dan www.carmudi.co.id/journal/

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*