Crossbreed, Motor Custom Kawin Silang BMX dan Cub dari Perancis

0
597
Crossbreed
Crossbreed, motor kawin silang antara BMX dengan Cub. Foto: BikeExif

NaikMotor – Tren motor kecil memang marak di Asia apalagi di Indonesia. Tapi bukan berarti orang bule enggak suka motor kecil. Contohnya Crossbreed, motor custom yang mengambil desain dari sepeda BMX bermesin motor bebek. 

Adalah Tom Dun, builder Perancis dari workshop 56 Motorcycles sang arsitek di balik Crossbreed. Tom merupakan spesialis motor-motor Honda baik kecil sampai besar, dan bengkelnya punya passion untuk motor yang nyeleneh.

motor

Sesuai namanya Crossbreed yang berartti kawin silang, motor ini merupakan gabungan antara BMX dengan Cub alias bebek. Hasilnya adalah sebuah motor dengan skema BMX tapi bermesin, enak dilihat dan fungsional.

Kecintaan Tom dengan BMX memang tertanam sejak kecil. Hobinya tak jauh dari arena ‘kalcer’ macam surfing, motocross dan skateboard. Motor ini pun jadi sarananya dalam menuangkan kecintaannya.

Crossbreed

“Saya selalu ingin membangun BMX dengan mesin. Saya ingat ketika masih kecil, MBK dan Peugeot telah merilis beberapa tapi sayang tidak terlalu sukses. Dua tahun lalu, saya akhirnya punya sedikit waktu untuk membangunnya,” buka Tom.

Untuk mendapatkan proporsi sepeda Tom menggunakan fork Honda Cub tua. Bagian sasisnya dibuat dari pipa baja dengan struktur menyerupai BMX tapi tetap diperhitungkan buat menaruh mesin tidur.

motor

“Saya menggunakan geometri Honda Cub untuk bilah yang lebih rendah dan sisanya berjalan secara alami,” katanya mengutip BikeExif.

Dibagian depan komstirnya memakai punya bebek. Head tube alias rangka utama bagian atas sekaligus jadi tempat tangki BBM. Tabung yang gak seberapa itu cuma muat menampung 1,2 liter bensin.

motor

Mesin Crossbreed menggunakan produk RZ Racing tipe YX 150cc kategori sleep engine. Biar lebih plong, karburator pakai punya Mikuni 28 mm dengan rasio gigi yang lebih tajam dan knalpot buatan khusus.

Sisanya tinggal detail. Ban pakai pelek 17 inci model dop dibalut ban Michelin. Bagian-bagian seperti setang, footstep dan dudukan samping semuanya dipinjam dari BMX atau sepeda MX. Sedangkan tuas kick-start dari motor trail.(Agl/nm)

motor

LEAVE A REPLY

*