Modifikasi Modenas V15, Gado-Gado Honda Dax, BMX dan Bosozoku

0
230
Modenas V15
Modifikasi Modenas V15 interpretasi Honda Dax, BMX dan sedikit chopper. Foto: Bike Exif

NaikMotor – Imajinasi membuat Irwann Cheng dari FNG Works putar otak supaya Modenas V15 bisa tampil beda dari motor lain. Hasilnya pun luar biasa yakni motor kustom campuran Honda Dax, BMX dan sedikit chopper.

FNG Works merupakan 1 dari 3 workshop di Malaysia yang dipilih Modenas untuk mengkustom motor mereka dalam kompetisi motor bernama Superb Mod Challenge,’ yang diorganized oleh Modenas and MotoNation.

Modenas V15

Tiap peserta hanya diberi waktu 26 hari dengan dana 10.000 ringgit atau Rp 34 jutaan. Kontestan juga tidak dibolehkan memotong rangka standar, dan semua motor hasil modifikasi harus bisa dipakai di jalan atau street legal.

Irwann tahu kontestan lain sedang membuat cafe racer, sesuatu yang dianggapnya cari aman. Maka setelah Modenas V15 sampai dan ditelanjangi di bengkel ia memutuskan membuat motor yang selama ini ingin dibuatnya.

Modenas V15

“Saya punya gambaran motor yang selalu ingin saya buat, tetapi tidak pernah melakukannya, karena tidak ada klien yang memberi saya kebebasan untuk melakukan 100 persen apa yang saya inginkan,” buka Irwann.

“Kalaupun itu motor saya sendiri, saya tidak punya uang untuk membuatnya. Sebagai builder, membangun motor untuk klien menghasilkan uang, tetapi membangun motor sendiri justru membuat saya mengeluarkan uang,” katanya.

Modenas V15

Berbekal beberapa sketsa digital Irwann mengubah visinya agar sesuai dengan sasis V15. Ia tahu dia tidak bisa memotong bingkai, tetapi tidak ada yang mengatakan dia tidak bisa menambahkannya.

Solusinya pun brilian, Irwann justru menambahkan beberapa batang di bagian belakang dan membuat rak bagasi. Tambahan ini secara visual membuat motor jadi pendek, pas dengan visinya Honda Dax.

Modenas V15

Untuk bodi dibuat dengan struktur monocoque dan dengan desain sesimpel mungkin mengambil garis-garis panel Honda Dax. Bodi dibuat menyatu dengan tangki bahan bakar kecil yang menyambung dengan side panel.

Struktur bodi ini juga jadi tempat jok, di mana jok ini mengingatkan motor-motor Jepang ala bosozoku style. Menariknya di buritan ‘sisy bar’ ditambahkan skatebord Penny. Detail kecil yang jadi aksen menarik lantaran ada roda menyembul.

Detail lainnya Irwann memakai stang BMX Peregrine, paduan ini membuat fasia depan jadi ciamik bukan sekadar stang tinggi ala chooper tapi lebih ‘bengal’ yakni OS BMX. Sisanya kaki-kaki pakai ban gendut tapi masih pakai pelek standar.(Agl/nm)

Modenas V15

Sumber: Bike Exif

LEAVE A REPLY

*